ASN di Medan Wajib Pakai Baju Adat Setiap Hari Jumat

rini | | 03-09-2021

Bobby menggunakan baju pakaian adat Melayu lengkap .

PARBOABOA, Medan - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengeluarkan aturan baru bagi ASN di Kota Medan. Bobby Mewajibkan penggunaan pakaian adat setiap Jumat untuk melestarikan budaya dan tradisi. Kebijakan ini mulai diterapkan pada Jumat (3/9).

Pada pekan pertama pelaksanaanya, Bobby terlihat menggunakan baju pakaian adat Melayu lengkap dengan Tanjak berwarna kuning, dipadukan dengan sarung dan Teluk Belanga berwarna hitam.

Aturan penggunaan pakaian adat ini tertuang pada Surat Keputusan Wali Kota Medan Nomor 025/02.K/VIII/2021.

ASN wajib menggunakan pakaian adat dengan pilihan sebelas etnis, yaitu delapan etnis asli yang berasal dari Sumatera Utara dan tiga dari etnis pendatang.

Menanggapi kebijakan itu sejumlah budayawan pun memberikan pujian. Suyadi San, seniman yang juga peneliti Balai Bahasa Sumatera Utara menilai langkah tersebut bagus. Kota Medan yang unik nan heterogen jug multikultural sudah selayaknya menampakkan ciri khasnya.

"Wah, bagus itu. Medan kota yang unik. Heterogen dan multikultural. Sudah banyak yg lupa dengan adat-tradisi kan, termasuk ASN? Nah, saatnya sekarang kembali ke tradisi. Walau berupa simbol, lama-kelamaan akan tertanam kembali semangat tradisional di tengah hiruk-pikuk modernitas, misal semangat gotong royong, tepa salira, saling menghargai," papar Suyadi San.

Keputusan Bobby Nasution ini diharapkan akan melestarikan budaya dan tradisi suku-suku yang tinggal di Kota Medan.†

Editor : -

Tag : #daerah   

BACA JUGA