Barcelona Resmi Rilis Pemecatan Ronald Koeman

Barcelona Resmi Rilis Pemecatan Ronald Koeman

Sondang | Sepakbola | 28-10-2021

PARBOABOA, Barcelona – Ronald Koeman secara resmi dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Barcelona pada Kamis (28/10) pagi WIB atau beberapa jam setelah kekalahan 0-1 dari Rayo Vallecano.

Pemecatan ini didasari oleh rentetan hasil buruk yang diraih Barcelona awal musim ini. Puncaknya kekalahan memalukan melawan Rayo Vallecano menjadi kesempatan terakhir bagi Koeman melatih Barcelona.

"FC Barcelona sudah memberhentikan Ronald Koeman dari posisinya sebagai pelatih. Presiden klub Joan Laporta memberitahukan Koeman keputusan ini setelah kekalahan dari Rayo Vallecano. Ronald Koeman akan mengadakan perpisahan dengan skuat di Ciutat Esportiva hari Kamis," ujar pernyataan Barcelona.

Barcelona secara mengejutkan harus dipecundangi Rayo Vallecano dengan skor satu gol tanpa balas lewat gol Radamel Falcao.

Kekalahan memalukan itu seakan menambah penderitaan Barcelona setelah sempat kalah melawan Real Madrid dalam laga el clasico pada laga sebelumnya.

Tak hanya itu saja, rekor tak terkalahkan Barcelona setiap berjumpa Rayo Vallecano juga harus runtuh pada laga dini hari tadi.

Kekalahan dari Rayo sudah membuat kesabaran petinggi klub habis. Sebab Koeman dianggap tidak mampu membawa klub bersaing di papan atas, terutama musim ini.

Barcelona cuma dua kali menang dari semiblan pertandingan terakhirnya dan kalah empat kali! Meski kepergian Lionel Messi bisa dijadikan alasan performa tim saat ini, tapi nasib Koeman tak lagi bisa dipertahankan.

Apalagi Koeman sebenarnya bukan pilihan utama presiden Laporta saat terpilih kembali tahun lalu. Maka Laporta tentu takkan segan-segan memecatnya.

Ronald Koeman ditunjuk menggantikan Quique Setien pada 19 Agustus 2021. Selama menangani Barcelona, Koeman meraih 39 kemenangan, 12 imbang, dan 16 kalah dari total 67 laga.

Keputusan Barcelona memecat Koeman sudah dirilis secara resmi lewat laman klub asal Catalan tersebut.

"FC Barcelona berterima kasih atas jasanya kepada klub ini."

Tag : sepakbola, barcelona, liga spanyol, ronald koeman, rayo vallecano

Berita Terkait