CEO Apple, Tim Cook

Bos Apple Sarankan Orang Beli Android Kalau Ingin Melakukan Hal Ini

Wanovy | Teknologi | 12-11-2021

CEO Apple Tim Cook belakangan terang-terangan menyarankan agar konsumen membeli ponsel Android, alih-alih iPhone. Saran tersebut bermula ketika Cook ditanya soal fitur sideloading alias kemampuan memasang aplikasi dari luar toko aplikasi resmi, misalnya instalasi lewat file APK.

Fitur sideloading sendiri sudah sejak lama ada di Android, tapi tak pernah hadir secara resmi di iPhone dengan sistem operasi iOS.  Cook pun memberi saran agar konsumen yang menginginkan fitur ini sebaiknya membeli perangkat Android saja. Dia seolah ingin menegaskan bahwa sideloading tak akan pernah dihadirkan di iPhone.

"Saya pikir orang memiliki pilihan itu hari ini, Andrew, jika Anda ingin melakukan sideload, Anda dapat membeli ponsel Android. Pilihan itu ada ketika Anda pergi ke toko operator. Jika itu penting bagi Anda, maka Anda harus membeli ponsel Android.

Ia juga mengatakan bahwa hal itu sama saja seperti produsen mobil yang memberi tahu (pelanggan) untuk tidak memasang airbag dan sabuk pengaman di dalam mobil. Dirinya tidak akan pernah berpikir untuk melakukan ini di zaman sekarang.

Cook menjelaskan, alasan utama perusahaannya tidak menyertakan kemampuan sideloading pada iPhone adalah karena fitur itu dipandang "terlalu berisiko" untuk keamanan pengguna.

"Bukan iPhone namanya kalau tidak memaksimalkan keamanan dan privasi pengguna," pungkas Bos Apple itu, sebagaimana dihimpun dari wawancara DealBook, Jumat (12/11/2021).

Sistem operasi Apple, iOS dulu dikenal sebagai sistem taman bertembok karena tidak mengizinkan apa pun keluar dari dafault interface dan fitur di iPhone. Secara bertahap, perusahaan telah membuka opsi yang berorientasi terhadap pengguna, memungkinkan keyboard pihak ketiga, browser, dan bahkan widget.

Pada dasarnya, ada alasan bagus tentang blokade yang dialami pengguna iPhone ketika datang ke instalasi aplikasi yang tidak disetujui. Meskipun mereka mungkin memiliki alasan yang sangat bagus untuk menginginkan aplikasi semacam itu, Apple khawatir membiarkan mereka masuk akan membuka gerbang tantangan keamanan yang tidak akan mudah ditutup setelahnya.

Dengan mencegah sideloading, kata Cook, Apple berhasil menjaga ekosistemnya dari serbuan malware yang banyak mendompleng aplikasi dari sumber tak resmi. Menurut laporan WatchGuard pada 2019, memang disebutkan bahwa perangkat Android 50 kali lebih rentan terhadap malware dibanding iOS.

 

Tag : #tim cook    #apple    #slideloading    #android   

Baca Juga