Ilustrasi The Picture NASA Took On My Birthday

Viral Tren The Picture NASA Took On My Birthday, Ini Cara Membuatnya

Wanovy | Teknologi | 05-02-2022

PARBOABOA - Tren The Picture NASA Took On My Birthday saat ini tengah viral di media sosial TikTok. Nah, kali ini Parboaboa akan memberikan tutorial cara membuat The Picture NASA Took On My Birthday. Simak sampai selesai ya!

Foto yang ramai diunggah di TikTok tersebut berupa NASA APOD (Astronomy Picture of the Day Calendar), yakni foto astronomi yang dipilihkan NASA pada bulan dan tahun tersebut.

Perlu diketahui, NASA APOD berbeda dengan tren What Did Hubble See On Your Birthday yang hanya menggunakan bulan dan tanggal kelahiran.

Hubble sendiri merupakan teleskop angkasa yang dimiliki oleh NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat). Hubble mengorbit di luar angkasa selama 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Teleskop milik NASA ini ada di sekitar 547 kilometer di atas bumi.

Para ilmuwan menggunakan hubble untuk mengamati beberapa bintang dan galaksi terjauh serta planet-planet di tata surya kita.

Hubble telah melakukan lebih dari 1,5 juta pengamatan selama digunakan. Lebih dari 19.000 makalah sains peer-review telah diterbitkan tentang penemuannya, dan setiap buku teks astronomi saat ini menyertakan kontribusi dari observatorium.

Pengguna TikTok menyebut foto itu sebagai "Picture NASA Took On My Birthday" atau foto NASA yang diambil sesuai tanggal lahir.

NASA memang memiliki koleksi foto kosmos yang diambil dari teleskop luar angkasa miliknya atau dari teleskop luar angkasa negara lain. Teleskop luar angkasa milik NASA atau dikenal dengan Hubble, telah mengudara untuk memantau sistem tata luar angkasa kurang lebih selama 30 tahun.

Lantas bagaimana cara membuat The Picture NASA Took On My Birthday? Berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat The Picture NASA Took On My Birthday via situs Hubble

- Kunjungi laman resmi nasa.gov

- Pilih menu 'Mission' kemudian “Hubble Space Telescope”

- Cari kolom “What Did Hubble See On Your Birthday”

- Kemudian masukkan bulan dan tanggal lahirmu di kolom yang tersedia dan klik “Submit”

- NASA akan menampilkan foto dan keterangan yang diambil pada hari ulang tahunmu

- Kamu juga dapat mengunduhnya dengan memilih menu “More Info” dan klik pilihan Download yang tersedia dengan berbagai ukuran.

Cara Membuat The Picture NASA Took On My Birthday Via APOD NASA

Picture NASA Took On My Birthday akan memperlihatkan gambar yang diambil oleh NASA di tanggal lahir seseorang. Gambar yang dihasilkan merupakan foto sistem tata luar angkasa atau kosmos yang menakjubkan. Tak heran, warganet langsung berbondong-bondong meramaikan tren satu ini.

Karena banyak muncul di For Your Page (FYP) TikTok, konten tersebut pun kini tengah menjadi tren kekinian yang banyak dilakukan warganet.

Dalam konten tersebut, pengguna bisa menunjukkan foto antariksa yang diambil NASA (National Aeronautics and Space Administration) di hari tertentu, yang dapat dicocokkan dengan hari kelahiran atau ulang tahun seseorang.

Nah, penasaran bagaimana cara membuat The Picture NASA Took On My Birthday? Berikut langkah-langkahnya.

- Kunjungi laman APOD NASA apod.nasa.gov

- Gulir ke bawah dan klik opsi "Calendar".

- Pilih bulan dan tahun lahirmu.

- Nantinya akan muncul seluruh gambar pada bulan dan tahun yang dipilih.

- Gambar tersebut memuat sejumlah informasi seperti penjelasan detil soal gambar NASA. Ada informasi tambahan juga yang mendeskripsikan tentang kondisi yang sedang terjadi di kosmos pada saat itu.

- Untuk menyimpan gambar, klik pada gambar tersebut Saat gambar sudah ditampilkan secara penuh, klik kanan dan pilih opsi "Save Image"

- Kamu juga bisa menggunakan gambar itu untuk diunggah jadi video "Picture NASA Took On My Birthday" di akun TikTok-mu.

Nah, mudah kan? Sekian informasi seputar cara membuat The Picture NASA Took On My Birthday yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Tag : #NASA    #APOD    #Hubble   

Baca Juga