Ilustrasi, foto: Tribun

Cara Membuat HP Android dan iPhone Jadi CCTV

Wanovy | Teknologi | 03-05-2022

PARBOAOA - Cara membuat CCTV dari HP bisa bikin hidupmu lebih tenang. Apalagi jika kamu tinggal dilingkungan yang dirasa kurang aman.

Setiap ada orang lalu-lalang pun bikin nggak tenang. Maka dari itu, langsung terapkan aja cara membuat HP menjadi CCTV dibawah ini.

Banyak orang menggunakan kamera CCTV untuk mengawasi rumah, kantor, anak, atau apa pun. Benar sekali, CCTV memungkinkan kamu memantau tempat yang kamu inginkan dari jarak jauh dan menggunakannya sebagai bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, kamu sendiri mungkin sedang mempertimbangkan untuk memasang kamera CCTV. Namun, kamu tidak perlu repot-repot membeli kamera CCTV yang harganya mahal.

Pasalnya, berkat kemajuan teknologi, kamu bisa memanfaatkan smartphone Android menjadi kamera pengawas, cukup dengan meng-install salah satu aplikasi berikut ini di Play Store.

Nah, Parboaboa sudah siapkan cara membuat HP jadi CCTV yang bisa kamu coba. Yuk, simak selengkapnya dibawah ini!

Cara pakai HP jadi CCTV

Cara ini dapat diterapkan pada smartphone berbasis Android atau iPhone. Jadi, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan ponse Anda.

Selanjutnya, ikuti tahapan berikut ini.

1. Instal aplikasi kamera keamanan

Ada berbagai aplikasi kamera keamanan yang tersedia di toko aplikasi baik Google Play Store maupun App Store.

Namun, sebagian besar aplikasi kamera keamanan menawarkan fitur yang serupa, seperti streaming lokal, streaming cloud, merekam dan menyimpan rekaman video, hingga deteksi dan peringatan gerakan.

Jadi Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang dirasa sesuai kebutuhan Anda.

Salah satu aplikasi kamera keamanan yang bisa Anda gunakan yaitu aplikasi Alfred Camera. Aplikasi ini tersedia baik untuk smartphone Android maupun iOS.

Instal aplikasi ini pada ponsel lawas Anda dan ponsel yang akan digunakan untuk memonitor rekaman video. Setelah terpasang, pilih opsi "Camera" pada ponsel lawas.

2. Atur lokasi penempatan ponsel

Setelah menu kamera diaktifkan dan streaming dimulai, Anda perlu menyiapkan tempat untuk memposisikan ponsel sebagai CCTV.

Pilih lokasi yang aman dan dapat menjangkau banyak area agar pengawasan rumah menjadi lebih optimal.

Ada baiknya Anda memilih lokasi yang tidak begitu mencolok. Selain itu, akan lebih baik jika ponsel lawas ditempatkan di dekat sumber listrik ponsel tetap aktif.

Untuk menopang ponsel, Anda dapat menggunakan alat tambahan, seperti tripod, atau semacam holder agar ponsel tetap pada posisinya dan mampu merekam angle yang tepat.

3. Aktifkan berbagai fitur pendukung

Pada aplikasi Alfred, Anda dapat mengaktifkan fitur pendeteksi Gerakan. Aplikasi ini cukup sensitif dalam mendeteksi gerakan dan langsung merekam setiap gerakan.

Fitur lainnya yang bisa diatur pengguna yaitu audio yang dapat diaktifkan atau tidak. Ada pula opsi untuk menggunakan kamera depan atau kamera belakang dari ponsel lawas yang dimanfaatkan sebagai CCTV.

Adapun fitur pada ponsel yang bertindak sebagai monitor, antara lain mengaktifkan notifikasi, menambahkan pengguna yang memiliki akses ke kamera pengawas, melihat rekaman hingga mengatur sensitivitas pendeteksi gerakan.

Namun pastikan Anda menggunakan akun yang sama antara ponsel lawas yang bertindak sebagai CCTV dengan ponsel yang digunakan untuk monitoring.

Selain aplikasi Alfred, Anda juga dapat menggunakan aplikasi kamera keamanan lainnya yang tersedia secara gratis.

Demikianlah informasi seputar cara mengubah HP menjadi CCTV. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tag : #cctv    #hp    #tips    #teknologi    #android    #ios   

Baca Juga