Ilustrasi transmisi mobil manual (dok:lifepal.co.id)

Berikut Cara Mencegah Transmisi Mobil Manual Alami Kerusakan

Dimas | Otomotif | 21-04-2022

Parboaboa, Jakarta –  Transmisi mobil manual merupakan bagian penting yang harus selalu diperhatikan. Sebab, transmisi pada mobil manual memiliki banyak komponen yang sangat rentan mengalami kerusakan.

Transmisi pada mobil manual, memiliki peran yang sangat besar, yakni untuk mengatur kecepatan dan tenaga dari mesin mobil. Bisa Anda bayangkan, jika transmisi mengalami kerusakan, otomatis mobil tidak akan bisa berjalan dengan normal atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.

Selain itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki transmisi mobil manual yang rusak juga tidak sedikit.

Untuk itu sangat penting bagi Anda para pemilik mobil manual untuk mengetahui cara mencegah transmisi mobil manual alami keruskan.

Cara Mencegah Transmisi Mobil Manual Alami Kerusakan

1. Ganti oli transmisi secara teratur

Salah satu cara mencegah transmisi mobil alami kerusakan adalah dengan melakukan penggantian oli transmisi secara berkala. Sebab oli atau pelumas merupakan cairan yang mendukung kinerja transmisi agar bekerja dengan optimal.

2. Gunakan oli transmisi yang berkualitas

Selain mengganti oli transmisi secara berkala, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih oli transmisi yang berkualitas. Pilihlah oli yang sesuai anjuran dari pabrikan mobil, khususnya dari spesifikasi kekentalannya.

3. Penyetelan kopling yang pas

Anda bisa menyetel kopling yang tepat sesuai anjuran pabrik. Jarak pedal kolping yang terlalu tinggi dapat merenggangkan jarak kopling dengan transmisi mobil. Umumnya hal tersebut yang menjadi penyebab perpindahan gigi terasa kasar dan berat.

4. Gunakan suku cadang asli

Gunakan suku cadang asli agar struktur transmisi dan mesin pada mobil bisa bekerja dengan optimal dan tentunya karena produk asli lebih awet.

5. Lakukan perpindahan tuas dengan halus

Saat memulai menjalankan mobil, memarkir mobil, mundur, tentu dibutuhkan kecepatan tangan dalam memindah posisi tuas transmisi. Pada saat seperti itu, Anda disarankan untuk tidak melakukan perpindahan dengan kasar.

Sebaliknya, lakukan perpindahan dengan halus namun cepat. Bila perpindahan dilakukan dengan kasar atau hentakan, maka Planetary Gear dan One Way Clutch yang berada di gear boks berpotensi alami kerusakan.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara mencegah transmisi mobil manual alami keruskan. Semoga bermanfaat!

Tag : #mobil    #mobil manual    #otomotif    #transmisi mobil manusal    #oli transmisi mobil   

Baca Juga