Ilustrasi, foto: Telset.id

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan iPhone No Service Atau Tidak Ada Layanan

Wanovy | Teknologi | 17-11-2022

PARBOABOA - Bagi para pengguna iPhone mungkin sudah tak asing lagi dengan beberapa masalah yang kerap terjadi pada smartphone-nya.

Ada banyak hal yang terkadang dapat menyebabkan masalah pada smartphone yang digunakan, sehingga tak jaran banyak iPhone yang harus selalu di servise.

Mungkin salah satu masalah yang kerap selagi terjadi bagi para pengguna iPhone adalah “No Service” masalah satu ini ternyata dapat menghambat mobilitas kinerja iPhone sendiri.

Masalah no service merupakan hal umum yang dialami oleh pengguna iPhone. No service biasanya terjadi karena perangkat buatan Apple tersebut tidak menangkap sinyal.

Meski begitu, ada banyak penyebab mengapa iPhone dapat mengalami No Service. Hal ini tentu membuat bingung sebagian besar pengguna iPhone.

Tapi jangan khawatir, kali ini Parboaboa.com akan mengulas beberapa penyebab hingga cara mengatasi iPhone No Service atau tidak ada layanan. Simak artikel ini sampai selesai ya!

Penyebab iPhone No Service

1. iPhone berada di luar jangkauan area operator seluler

Penyebab iPhone tidak ada layanan yang paling umum adalah perangkat sedang digunakan di luar jangkauan area operator seluler.

Saat berada di luar jangkauan area operator seluler, iPhone bakal kesulitan untuk menerima sinyal. Alhasil, bar sinyal iPhone akan kosong dan dapat muncul tulisan “tidak ada layanan”.

2. Bug pada sistem perangkat lunak

Kedua, penyebab iPhone tidak ada layanan juga bisa ditimbulkan karena terdapat bug atau gangguan pada sistem perangkat lunak.

Bila terdapat bug, biasanya Apple akan memberikan perbaikan lewat pembaruan sistem operasi atau sistem pengaturan operator seluler.

3. Kerusakan hardware

Penyebab iPhone tidak ada layanan yang berikutnya adalah terdapat kerusakan pada bagian perangkat keras atau hardware untuk menerima sinyal jaringan seluler.

Hardware tersebut biasa dikenal dengan IC Baseband atau IC Sinyal. Saat IC Baseband rusak, otomatis iPhone tidak dapat menerima sinyal jaringan seluler meski telah dipasang dengan kartu SIM. iPhone hanya akan menampilkan tulisan “tidak ada layanan” atau “no service” pada bar sinyal.

4. IMEI tidak terdaftar

Terakhir, penyebab iPhone tidak ada layanan dapat ditimbulkan lantaran IMEI (International Mobile Equipment Identity) belum terdaftar di database pemerintah.

Saat tidak terdaftar, akses jaringan seluler ke iPhone bakal terblokir. Bila terblokir, iPhone hanya akan menampilkan tulisan “tidak ada layanan” pada bar sinyal.

Untuk diketahui, sejak 2020, pemerintah gencar menekan peredaran berbagai ponsel dari luar negeri, termasuk iPhone, yang didistribusikan secara ilegal (Black Market/BM). Pengendalian peredaran iPhone BM tersebut dilaksanakan dengan mekanisme registrasi IMEI ke Kementerian Perindustrian atau Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Saat IMEI iPhone terdaftar maka perangkat bisa digunakan mengakses jaringan seluler. Sebaliknya, bila IMEI tidak terdaftar maka iPhone terindikasi sebagai ponsel BM dan konsekuensinya adalah akses jaringan selulernya bakal diblokir.

Adanya kebijakan pengendalian ponsel BM inilah yang bisa membuat iPhone tidak ada layanan.

Cara mengatasi iPhone No Service

1. Periksa area cakupan sinyal provider

Pastikan area domisili kamu menjangkau sinyal provider yang kuat dan jika di area tersebut memiliki sinyal yang kuat tetapi masih no service atau searching, coba ubah iPhone kamu ke mode “Airplane” atau Mode Pesawat terlebih dahulu dan tunggu selama 1-2 menit, lalu matikan mode pesawat tersebut.

2. Restart iPhone

Jika langkah pertama telah kamu lakukan tapi tetap tidak berubah, coba restart iPhone dengan cara menekan tombol Power dan tombol Volume Down secara bersamaan dan tunggu hingga logo Apple muncul.

3. Cek pembaruan kartu di pengaturan

Tidak menutup kemungkinan terkadang operator seluler sering memberikan Update pengaturan yang berguna untuk permasalahan keamanan dan lainnya.

Kamu cukup coba ikuti langkah-langkah ini yaitu dengan membuka menu Pengaturan lalu pilih Umum lalu selanjutnya pilih Tentang.

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pembaruan pada kartu SIM atau tidak.

4. Cabut dan masukan kembali kartu SIM

Cobalah cabut kartu SIM kamu dan cek apakah ada kerusakan pada kartu SIM atau tidak. Jika dirasa tidak ada kerusakan, masukan kembali kartu SIM Namun jika ditemukan adanya kerusakan pada kartu SIM, segera hubungi pihak provider yang kamu gunakan untuk mengganti kartu SIM tersebut dengan yang baru.

5. Reset pengaturan jaringan

Langkah lainnya yaitu dengan cara me-reset ulang jaringan iPhone. Hal ini akan menyebabkan kamu kehilangan password Wifi, harus menginput kembali APN Network provider yang kamu gunakan, VPN serta Pengaturan Seluler lainnya.

6. Update iOS ke versi terbaru

Ada satu hal yang mungkin kamu lewatkan. Cobalah cek apakah iPhone kamu, apakah memerlukan “Software Update” atau tidak.

Besar kemungkinan ‘no service’ ini terjadi karena iPhone kamu belum update ke iOS versi terbaru dan masih menggunakan versi lama yang menyebabkan terjadi bugs pada iPhone.

Permasalahan ’no service’ ini tentunya menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi kamu,

Terlebih jika semua cara sudah kamu lakukan dan ternyata iPhone-mu masih no service atau ‘searching’ maka kemungkinan besar ada kerusakan pada hardware atau IC Baseband iPhone tersebut.

Demikianlah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi iPhone No Service yang bisa kamu coba. Jika terjadi hal tersebut terjadi, segera bawa iPhone kamu ke Apple Center terdekat!

Tag : #iphone    #no service    #teknologi    #tips    #apple    #gadget    #ios    #layanan internet   

Baca Juga