Cara Merawat Aquascape Agar Terhindar dari Lumut

Kathleen | Lifestyle | 20-03-2023

Cara Merawat Aquascape (Foto: mediatani.co)

PARBOABOA – Berhasil membuat aquascape idaman tentunya sangat menyenangkan dan menjadi kepuasan tersendiri. Namun, Anda juga harus memahami cara merawat aquascape dengan benar.

Aquascape harus dirawat agar tanaman dapat tumbuh dengan subur hingga mencapai tampilan idealnya. Tak hanya masalah menumbuhkan tanaman, namun juga bagaimana merawat lingkungan kecil dalam aquarium menjadi seimbang.

Jika tak ada keseimbangan dalam aquascape, maka bisa dipastikan akan timbul beberapa gangguan Seperti tumbuhnya lumut atau alga. Hal itu tentu akan mengurangi keindahan tampilan aquascape milikmu.

Untuk itu, Parboaboa telah merangkum beberapa cara merawat aquascape agar terhindar dari lumut. Simak ulasannya bersama-sama!

1. Rutin Mengganti Air

Rutin Mengganti Air (Foto: Pinterest@ stephanus)

Pergantian air secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan air di dalam akuarium. Lumut seringkali tumbuh karena ada kelebihan nutrisi di dalam air.

Dengan mengganti air secara rutin, nutrisi berlebih dapat dihilangkan sehingga pertumbuhan lumut dapat dihindari. Sebaiknya lakukan pergantian air minimal setiap dua minggu sekali atau lebih sering jika perlu.

2. Memberi Pupuk Secara Teratur dan Secukupnya

Memberi Pupuk (Foto: atagaleri.net)

Tanaman air membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, memberi pupuk yang berlebihan dapat memicu terjadinya pertumbuhan lumut yang berlebihan.

Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan pupuk teratur dan secukupnya, sesuai dengan kebutuhan tanaman dan dosis yang disarankan. Pupuk harus diberikan secara merata dan diukur sesuai dengan volume air yang ada di dalam akuarium.

3. Membersihkan Lumut dan Alga Secara Teratur

Membersihkan Alga (Foto: tamanair.net)

Membersihkan lumut dan alga dari permukaan akuarium dan bagian-bagian dekoratif lainnya secara teratur akan membantu mengontrol pertumbuhan mereka. Gunakan sikat halus atau kain lembut untuk membersihkan permukaan akuarium dan benda-benda dekoratif lainnya.

4. Tambahkan Air Secara Rutin

Menambah†Air Secara Rutin (Foto: solaharthadal.com)

Penting untuk menambahkan air secara teratur untuk menjaga kualitas air di dalam akuarium. Air yang rendah dapat memicu pertumbuhan lumut dan alga. Pastikan untuk menambahkan air bersih dan bebas dari kontaminan atau kotoran.

5. Merawat Sistem Filtering Air

Merawat Sistem Filtering (Foto: hewanpedia.com)

Sistem filtering air sangat penting dalam menjaga kualitas air dan mencegah pertumbuhan lumut dan alga yang berlebihan. Pastikan sistem filtering air Anda berfungsi dengan baik dan membersihkannya secara teratur.

Selain itu, pastikan filter air yang digunakan cukup besar untuk ukuran akuarium yang Anda miliki. Filter air yang terlalu kecil tidak akan mampu mengatasi jumlah nutrisi yang berlebih dan bahan organik yang terkumpul di dalam akuarium.

6. Jaga Tanaman Agar Tidak Terlalu Rimbun

Jaga Tanaman Agar Tidak Terlalu Rimbun (Foto: mediatani.co)

Tanaman yang tumbuh terlalu rimbun dapat menghambat sirkulasi air dan cahaya yang masuk ke dalam akuarium, sehingga memicu pertumbuhan lumut yang berlebihan. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih dan menanam tanaman yang tepat dan memangkas tanaman secara teratur untuk menjaga tampilan dan kesehatan aquascape.

7. Merawat Aquascape Tanpa CO2

Merawat Aquascape Tanpa CO2 (Foto: mediatani.co)

CO2 digunakan dalam aquascape untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman. Namun jika tidak terkendali, CO2 dapat memicu pertumbuhan lumut yang berlebihan. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin menggunakan CO2, pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai.

Beberapa tanaman yang cocok untuk lingkungan tanpa CO2 antara lain Anubias, Java Fern, dan Java Moss.

Itulah penjelasan tentang cara merawat aquascape agar terhindar dari lumut dan alga. Perlu diingat bahwa merawat aquascape membutuhkan kesabaran dan perhatian yang teratur, serta pengetahuan dasar tentang cara merawat tanaman dan hewan air.

Editor : Juni Sinaga

Tag : #aquascape    #merawat aquascape    #lifestyle    #tanaman aquascape    #filter aquascape    #gambar aquascape   

BACA JUGA