Bau Badan? Ini Dia Makanan yang Mampu Mengusirnya

Ilustrasi seseorang akan mengonsumi makanan yang membantu mengusir bau badan. (Foto: PARBOABOA/Fika)

PARBOABOA – Bau badan merupakan salah satu masalah bagi seseorang. Bau badan akan menimbulkan persoalan dalam hal sosialisasi.

Bau badan seringkali berasal dari beberapa jenis makanan. Bila dikonsumsi akan membuat bau badan bertambah parah.

Dikutip dari laman Well and Good, Selasa (02/07/2024), ahli diet Jenny Beth Kroplin memaparkan setidaknya ada lima jenis makanan yang bisa memicu bau badan.

Misalnya sayuran yang mengandung allium atau bawang-bawangan seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay dan daun bawang.

Selain itu juga makanan seperti asparagus, sayuran kubis, kembang kol, rempah beraroma tajam serta daging merah.

Di sisi sebaliknya, ternyata ada juga beberapa jenis makanan yang ampuh untuk dikonsumsi dalam rangka menghilangkan bau badan.

Beberapa makanan yang ampuh menghilangkan bau badan di antaranya adalah jeruk. Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk Bali dan jeruk nipis bisa menyegarkan tubuh sekaligus menghilangkan bau badan.

Dikutip dari Healthshots, seorang Ahli Gizi Avni Kaul memaparkan buah jenis sitrus mampu mengurangi penumpukan racun dalam tubuh sehingga membatasi pertumbuhan bakteri pemicu bau.

Ada juga ikan putih yang ditengarai mampu menghilangkan bau badan. Diketahui daging merah merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh.

Namun, mengonsumsi daging merah dianjurkan untuk mengontrolnya, karena bisa memicu bau badan.

Sebagai gantinya, ikan putih bisa menjadi alternatif yang mampu memberikan pasokan protein sekaligus menghilangkan bau badan.

Ikan putih atau dikenal dengan nama white fish merupakan jenis ikan berdaging putih yang umumnya rendah lemak.

Ikan putih termasuk dalam golongan ikan nila, kerapu, kakap dan ikan lele.

Ahli Dermatologi, David Colbert mengungkapkan saat tubuh memecah protein dalam daging, kulit akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Hal itu tidak terjadi saat proses metabolisme dalam tubuh yang mengonsumsi ikan putih.

Makanan lain yang mampu mengusir bau badan antara lain sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran diketahui bisa membuat bau badan semakin parah.

Namun, ada pula sayuran yang mampu menetralisir bau badan seperti sayuran hijau.

Dikutip dari laman Times of India, sayuran hijau seperti bayam, selada, kale yang memiliki arugula tinggi sangat kaya akan klorofil atau zat hijau daun.

Klorofil adalah salah satu komponen dalam tanaman yang mampu menghilangkan bau badan.

Selain menambah aroma, bisa juga memasukkan sedikit kapulaga pada masakan tumis atau rebusan sayur yang bisa semakin memperkuat keluarnya keharuman alami tubuh.

Bau badan yang tidak sedap bisa juga menandakan kesehatan usus yang buruk. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan probiotik bisa membantu mengembalikan bakteri baik di usus serta memulihkan pencernaan.

Saat pencernaan tubuh lancar, maka bau badan akan jauh berkurang.

Dikutip dari Live Strong, makanan yang menghilangkan bau badan lainnya seperti yogurt, acar dan kimchi.

Sedangkan minumannya, yang berbasis fermentasi juga baik dikonsumsi untuk menghilangkan bau badan seperti kombucha dan kefir.

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS