Ilustrasi Knalpot sepeda motor (Dok: tirto.id)

Ingin Knalpot Motor Awet? Lakukan Perawatan Berikut!

Dimas | Otomotif | 06-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Tak sedikit para pemilik sepeda motor yang sering mengabaikan keberadaan knalpot pada sepeda motor. Padahal, knalpot merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan besar pada sepeda motor.

Seperti yang kita ketahui, knalpot berperan sebagai saluran pembuangan sisa pembakaran pada mesin. Selain itu, knalpot juga ternyata memiliki banyak fungsi lain, seperti:

1. Peredam Suara dari Ruang Bakar

Fungsi knalpot yang pertama adalah mampu meredam suara bising dari ruang bakar. Pada saat udara bercampur dengan bahan bakar di ruang pembakaran, akan muncul ledakan yang menjadi pemicu suara bising yang yang mengganggu telinga.

Oleh karena itu ketika knalpot dilepaskan, suara yang sangat mengganggu akan terdengar. Sedangkan ketika knalpot dipasang suara tersebut justru senyap, bahkan hilang.

2. Meningkatkan Tenaga Kendaraan

Walaupun tidak berpengaruh besar, knalpot dinilai berpotensi untuk meningkatkan tenaga pada kendaraan. Namun, cara ini bisa berfungsi dengan baik jika knalpot didesain dengan tepat dan knalpot perlu disesuaikan juga dengan mesin.

Sebagai contoh, hal ini paling sering diterapkan pada kendaraan motor 2 tak yang memiliki fungsi gaya balik pada gas buang berkat adanya chamber.

Chamber sendiri berfungsi untuk memutar gas masuk dan buang saat proses pembakaran berlangsung. Jika knalpot yang dipasang bisa menyesuaikan dengan mesin, maka power tersembunyi dalam motor Anda bisa ditingkatkan.

3. Mengurangi Polusi Udara

Sisa pembakaran mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini sangatlah berbahaya bagi lingkungan dan menjadi sumber polusi.

Namun, seiring berkembangnya dunia otomotif, kini knalpot juga bisa difungsikan sebagai alat untuk mengurangi polusi.Terdapat teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan begitu setiap kendaraan bisa digunakan lebih efisien dan polusi udara pun berkurang. 

4. Menjadi Aksesoris

Fungsi knalpot lainnya adalah sebagai ornamen kendaraan. Dalam ajang kontes modifikasi kendaraan bermotor, knalpot umumnya menjadi salah satu komponen yang dinilai. Kesesuaian desain knalpot dengan keseluruhan kendaraan menjadi poin pentingdalam modifikasi motor..

Cara Merawat Knalpot Sepeda Motor

Setelah mengetahui fungsi-fungsi serta peranan knalpot pada motor, Anda tentunya wajib merawat komponen yang satu ini. adapun pewatan yang bisa Anda lakukan pada knalpot, yaitu:

1. Rutin Memanaskan Motor

Apabila Anda sering menggunakan motor, maka knalpot akan bersih dengan sendirinya. Namun jika Anda yang jarang menggunakannya, sebaiknya Anda harus rutin memanaskan motor. Sebab, kotoran yang menempel bisa menjadi sumber karat di bagian dalam dan luar.

Di samping itu, akan muncul juga bercak kuning akibat kotoran tersebut. Untuk itu, sebaiknya Anda rutin memanaskan motor agar kotoran tersebut tak terlalu lama menempel.

2. Bersihkan Lubang pada Silincer

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah rutin membersihkan lubang pada silincer setiap dua bulan sekali. Langkah ini perlu dilakukan guna menjaga leher pada knalpot tidak mudah berkarat.

Selain itu, bisa juga untuk menjaga agar suara yang dikeluarkan oleh mesin tidak terlalu bising. Pasalnya peredam yang digunakan masih tetap berkualitas baik dan masih bekerja dengan benar.

3. Rutin mencuci kendaraan

Kebersihan kendaraan tentunya menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Khususnya jika Anda sering melewati area kotor saat musim hujan. Hal tersebut bisa menyebabkan munculnya karat pada knalpot.

4. Bersihkan Karat

Apabila karat pada knalpot sudah muncul, segera lakukan pembersihan. Anda bisa membersihkannya dengan air sabun dan sikat. Setelah bersih, keringkan dan oleskan oli pada bagian leher knalpot.

Nah, itulah seputar informasi mengenai cara merawat knalpot pada sepeda motor. Apabila Anda ingin knapot motor Anda tetap awet, silahkan terapkan secara rutin hal-hal yang tealah dijelaskan di atas.

Tag : #sepeda motor    #knalpot    #otomotif    #polusi udara    #chamber   

Baca Juga