Pengadilan arbitrase untuk olahraga (CAS) tolak banding sanksi FIFA terhadap Rusia (Foto: Reuters/Evgenia Novozhenina)

Pengadilan Arbitrase Untuk Olahraga (CAS) Tolak Banding Sanksi FIFA Terhadap Rusia

Michael | Sepakbola | 19-03-2022

Parboaboa.com - Harapan Rusia untuk bisa bertanding di babak play-off Piala Dunia 2022 zona Eropa telah sirna, setelah pengadilan arbitrase untuk olahraga (CAS) menolak permintaan banding mereka.

Rusia mengajukan permohonan kepada CAS agar menunda sanksi dari FIFA pada Februari lalu terkait pertandingan play-off Piala Dunia 2022 melawan Polandia, menyusul invasi negara tersebut ke Ukraina.

Rusia sebelumnya akan dijadwalkan berhadapan dengan Polandia pada 24 Maret 2022. Namun, Polandia menolak untuk menjalani pertandingan tersebut. FIFA selanjutnya menggugurkan Rusia dari play-off, sehingga Polandia dipastikan akan langsung berlaga ke final untuk menghadapi pemenang antara Swedia dan Republik Ceko.

"Keputusan yang ditentang tetap berlaku. Semua tim dan klub Rusia tetap ditangguhkan dari keikutsertaan mereka dalam kompetisi FIFA. Namun, proses arbitrase CAS berlanjut. Belum ada sidang yang ditetapkan," demikian pernyataan CAS.

CAS juga tetap memperkuat keputusan UEFA yang melarang tim-tim asal Rusia ikut berpartisipasi dalam kompetisi milik federasi sepakbola Eropa tersebut.

Sementara itu, federasi sepakbola Swedia (SvFF) menyambut positif keputusan CAS. Sebelumnya, SvFF menyebut keputusan FIFA menangguhkan Rusia tanpa mencari tim pengganti sangat merugikan mereka.

Sebab, jika Swedia lolos ke final play-off jalur B, mereka akan berhadapan dengan Polandia, lima hari setelah pertandingan melawan Republik Ceko yang akan digelar pada 24 Maret 2022. Swedia menganggap Polandia diuntungkan dari segi kebugaraan pemain.

Ketua SvFF Karl-Erik Nilsson mengatakan, keputusan yang dikeluarkan CAS itu setidaknya bisa memberikan tekanan tersendiri kepada Rusia agar segera menghentikan invasi ke Ukraina.

"Keputusan yang baik dari CAS. Itu adalah tanda penting yang dibuat FIFA, dan sekarang sudah ditetapkan. Kita diingatkan setiap hari tentang dampak dari perang Ukraina," ujar Nilsson dilansir dari laman resmi SvFF.

"Sepakbola dengan jelas melawan invasi yang tidak adil, dan mudah-mudah ini menjadi beberapa hal kecil yang dapat berkontribusi untuk meningkatkan tekanan pada Rusia. Perang dan penderitaan manusia yang ditimbulkan dari kejadian itu, harus segera diakhiri."
 

Tag : #FIFA    #CAS    #Rusia    #Sepakbola    #Piala Dunia 2022    #SvFF    #UEFA    #Polandia    #Swedia   

Baca Juga