Bikin Kagum, Ini Nih 7 Negara Paling Bersih di Dunia

Bikin Kagum, Ini Nih 7 Negara Paling Bersih di Dunia

Sondang | Internasional | 23-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Kebersihan merupakan salah satu hal yang penting dari suatu negara. Tinggal di negara terbersih di dunia ternyata menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan serta harapan hidup masyarakat.

Meningkatnya jumlah penduduk diiringi dengan kebutuhan hidup yang kian meningkat menjadi salah satu pemicu semakin banyaknya sampah hingga polusi udara di tiap negara.

Itulah mengapa predikat sebagai negara paling bersih di dunia bisa menjadi salah satu capaian tersendiri, terutama bagi 10 negara yang oleh World Population Review 2021 dinobatkan sebagai negara paling bersih di dunia.

Menurut daftar resmi yang dikeluarkan oleh World Population Review, inilah berbagai negara yang berhasil menempati urutan teratas sebagai yang paling bersih.

7. Finlandia

Finlandia menempati peringkat ke-7 sebagai negara paling bersih di dunia dengan skor EPI 78,9. Pemerintah Finlandia telah berusaha untuk menjaga tingkat polusi udara di negara tersebut. Ibu kota Finlandia, Helsinki bahkan sudah menargetkan untuk menyetop penggunaan mobil di tahun 2025.

Selain itu, Finlandia juga menempati urutan pertama untuk kesehatan lingkungan dengan skor 99,35 dan mendapatkan anugerah negara paling bahagia di dunia oleh World Happiness Report.

6. Austria

Austria menempati peringkat ke-6 sebagai negara paling bersih di dunia dengan skor EPI 79,6. Austria dikenal memiliki standar polusi udara, bahan kimia, dan pengelolaan limbah paling ketat di Eropa.

Sekitar dua pertiga di negara ini merupakan hutan lebat dan padang rumput. Mempunyai reputasi sebagai negara yang bersih dan rapi, tak terkecuali ibu kotanya, Vienna. Negara ini bahkan disebut sebagai The Most Livable City di dunia oleh The Economist Intelligence Unit.

5. Prancis

Prancis menempati peringkat ke-5 sebagai negara paling bersih di dunia dengan skor EPI 80. Dimasukkannya Perancis ke dalam daftar sendiri sempat memunculkan perdebatan, mengingat negara ini juga merupakan negara industri dan hampir 80 persen energinya berasal dari tenaga nuklir.

Pencapaian ini berhasil mematahkan stereotip bahwa masyarakat dari Kota Romantis itu memiliki higienitas yang buruk.

Nyatanya, banyak sumber air seperti sungai, laut, hingga danau di pelosok Prancis yang memiliki kualitas baik yang bahkan bisa digunakan untuk berenang loh. 

Secara signifikan, Perancis nyatanya berhasil mengurangi emisi karbonnya dan menerima skor 96,82 untuk polusi udara.

4. Inggris

Inggris menempati peringkat ke-4 sebagai negara paling bersih di dunia dengan skor EPI 81,3. Skor ini mengesankan, mengingat populasi negara itu mencapai 66,52 juta.

Negeri Ratu Elizabeth ini punya resep unik yang berbeda dibanding negara terbersih di dunia lainnya, yaitu ada di para anggota keluarga kerajaan. Ada banyak sekali organisasi dan yayasan pencinta lingkungan yang memiliki kontribusi aktif dalam menjaga kebersihan di Inggris.

Beberapa di antaranya, yaitu CleanupUK yang dipimpin oleh Duchess of Cornwall, Surfers Against Sewage dengan Pangeran Charles sebagai pelindung yang juga menjadi pimpinan di The Environment Law Foundation, dan The Angling Trust yang memerangi polusi dan kerusakan lingkungan air.

3. Swiss

Swiss menempati peringkat ke-3 sebagai negara paling bersih di dunia dengan skor EPI 81,5. Masih dari Benua Eropa, berikutnya ada Swiss yang tidak hanya populer dengan produksi coklatnya yang sudah mendunia, tapi juga kebersihan paripurna yang diwujudkan dari jalanan sampai ke puncak gunung.

Swiss memiliki komitmen tinggi untuk menjadi negara terbersih di dunia lewat sistem sanitasi airnya yang tertata.

Sistem daur ulang di Swiss juga sudah sangat maju sehingga sampah rumah tangga bisa jauh ditekan sampai tak bersisa.

2. Luksemburg

Luksemburg menempati peringkat ke-2 sebagai negara paling bersih di dunia dengan skor EPI 82,3. Negara ini telah membuat kemajuan signifikan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Sementara skor untuk keanekaragaman hayati serta sumber daya air masing-masing cukup tinggi, yaitu 96,54 dan 99,76.

Negara yang terletak di persimpangan antara Jerman, Belgia, dan Prancis ini memiliki penataan kota serta implementasi kebijakan publik yang baik. Misalnya, dari pengadaan ribuan tempat sampah di seluruh sudut kota, hingga pemberian hukuman bagi mereka yang mengotori area publik.

1. Denmark

Peringkat pertama negara paling bersih di dunia ditempati oleh Denmark dengan skor EPI 82,5. Negara ini memiliki beberapa kebijakan terbaik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim, sehingga dipercaya memiliki kualitas udara yang tinggi serta kaya akan keanekaragaman hayati.

Denmark juga berfokus pada keberlanjutan dengan hotel ramah lingkungan, perahu bertenaga surya, dan makanan organik.

Prestasi membanggakan tersebut tentu tak lepas dari upaya masyarakat dan pemerintah dalam menerapkan prinsip sustainability, memaksimalkan penggunaan energi yang dapat diperbarui, menjaga kebersihan dan penggunaan air, serta melawan perubahan iklim.

Salah satu yang paling bisa dicontoh adalah tren penggunaan transportasi berupa sepeda untuk mendukung mobilitas harian para warga.

Tag : #negara paling bersih    #negara terbersih    #denmark    #luksemburg    #swiss    #inggris   

Baca Juga