Travelio, situs penyewaan properti diduga mengalami peretasan data pribadi pengguna, sumber: teknologi.id

Data Pengguna di Situs Sewa Properti Travelio Diduga Diretas

Wanovy | Teknologi | 01-12-2021

Travelio, situs penyewaan properti yang cukup populer, diduga mengalami peretasan data pribadi pengguna.

Terpantau sejak 23 November 2021, data pengguna Travelio disebut dipajang oleh akun "ShinyHunters" di situs jual-beli data RaidForums.

Kendati begitu, tidak disebutkan berapa besar jumlah data yang diretas, termasuk berapa harganya. Namun, ShinyHunters menampilkan sampel atau contoh data yang bisa dilihat secara cuma-cuma.

Data sampel yang masih berupa dump data tersebut memuat data sensitif, seperti nomor telepon, alamat e-mail, dan password yang dikunci dengan kode spesifik, atau biasa disebut "salt".

Salt sendiri biasa digunakan untuk melindungi kata sandi pengguna dengan algoritma.

Hingga saat ini, masih belum ada tanggapan dari pihak Travelio terkait kasus dugaan peretasan data pribadi di platform-nya.

Sebagai informasi, kasus penjualan data pribadi pengguna asal Indonesia di situs RaidForums ini bukan pertama kali yang didalangi akun ShinyHunters.

Sebelumnya, akun ShinyHunters juga pernah menawarkan 1,2 juta akun pengguna Bhinneka.com pada bulan Mei tahun 2020 lalu.

Tak sampai disitu, selang beberapa bulan kemudian, tepatnya pada Agustus 2020, ShinyHunters kembali menjajakan sebanyak 890.000 data nasabah Kredit Plus.

Kini situs RaidForums yang sebelumnya bisa diakses dengan mudah itu sudah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tag : #travelio    #sewa properti    #hacker    #shiny hunters    #scam   

Baca Juga