Desain dapur di samping rumah, foto: Mustika Land

10 Inspirasi Desain Dapur Samping Rumah, Simple Tapi Keren

Wanovy | Rumah | 30-09-2022

PARBOABOA - Memilih desain dapur di samping rumah bisa jadi alternatif pilihan agar memberikan nuansa yang berbeda ketika memasak atau menjalankan aktivitas lainnya. Butuh ide atau inspirasinya? Simak ulasannya di sini!

Bagi sebagian orang, dapur adalah jantung dari sebuah rumah. Area dapur melambangkan kebersamaan lantaran banyak ragam aktivitas yang dilakukan di ruangan ini.

Berbeda dengan desain hunian zaman dahulu yang acap “menyembunyikan” dapur, kini tempat tinggal modern justru menampilkan dapur sebagai bagian yang tak kalah menarik dari ruangan lainnya di dalam rumah.

Maka dari itu, menentukan desain dapur pun tak boleh sembarangan. Salah satu opsi yang mungkin bisa kamu terapkan adalah desain dapur di samping rumah.

Selain tak akan mengganggu area lainnya, dapur yang berada di area samping juga cenderung lebih lega dan memiliki ventilasi yang baik.

Jika masih bingung dan butuh inspirasi, berikut Parboaboa.com sajikan desain dapur di samping rumah yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Dapur Nuansa Minimalis

Memiliki dapur samping rumah tidak selalu memerlukan lahan yang lega. Dengan lahan yang minimalis kamu pun bisa mewujudkannya.

Jika lahan tidak terlalu luas, sebaiknya cobalah tempatkan dapur di samping taman. Agar dapur tidak pengap dan bisa memiliki sirkulasi udara yang baik.

2. Dapur Samping Rumah Gaya Scandinavian

Desain dapur di samping rumah gaya scandinavian memang cocok diterapkan pada hunian yang minimalis. Tak terkecuali pada bagian dapurnya.

Ciri khas utama dari gaya scandinavian adalah kesan yang nyaman dan menenangkan. Biasanya, warna netral seperti putih atau cream dipilih untuk menampilkan kesan tersebut.

3. Dapur Samping Kolam Ikan

Lahan yang luas tentunya bisa memberikan keuntungan bagi penghuni rumah.

Selain bisa memanfaatkannya untuk area lain seperti halnya kolam ikan, kamu pun bisa memanfaatkan sisa space kosong sebagai tempat berkumpul.

Area tempat berkumpul semakin lengkap dengan kehadiran dapur di sampingnya,lo!

4. Desain Dapur di Samping Rumah Dekat Taman

Dapur dapat pula bersanding dengan taman. Dapur dekat taman bisa didominasi warna monokrom yakni hitam dan abu-abu yang mendominasi.

Bentuk perabotan baik meja kursi bisa dibuat sesederhana mungkin. Taman sendiri dapat pula dibentuk vertikal jika lahannya terbatas.

Jika lahannya cenderung lebih luas dapat mengfungsikan pergola kayu. Desain rustic bermaterial kayu mampu menciptakan nuansa hangat.

5. Desain Dapur di Samping Rumah Mengikuti Fengshui

Tata letak dapur menurut fengsui diyakini membawa kebahagiaan, kekayaan dan kemakmuran. Letak kompor diatur berlawanan dengan wastafel maupun freezer.

Dapurpun tidak berbagi dengan ruangan lain. Misalnya tidak bersanding dengan kamar mandi agar energi chi negatif tak masuk ke area dapur.

Dapur memiliki dekorasi lonceng angin enam batang yang digantung di antara lemari es maupun wastafel.

Tempatkan pula tanaman gantung diantara peralatan. Bagian atas dapur tidak boleh sejajar dengan tempat tidur.

6. Meja Makan Kecil di Dapur Sempit

Pilihan desain dapur di samping rumah bisa juga kamu aplikasikan untuk apartemen studio maupun jenis apartemen lainnya.

Meskipun dapur sempit, tetapi kamu masih bisa meletakkan meja makan kecil dengan dua kursi seperti inspirasi berikut.

7. Desain Dapur Modern

Inspirasi desain dapur di samping rumah lainnya yang bisa kamu tidur untuk hunian kamu adalah dapur modern berwarna hijau ini.

Dapur cantik dengan kitchen set material kayu berwarna putih yang dikombinasikan dengan motif kayu yang natural.

8. Dapur Minimalis yang Hemat Penggunaan Lampu

Desain dapur di samping rumah berikutnya masih didominasi dengan furnitur minimalis serba putih dengan bagian bar yang dilapisi material kayu.

Dapur kecil nan rapi ini semakin terlihat lapang berkat jendela yang besar di sampingnya. Cahaya matahari pun jadi lebih mudah menyinari bagian dalam dapur. Dengan demikian kamu bisa menghemat penggunaan lampu pada pagi dan siang hari.

9. Dapur Minimalis yang Berpadu dengan Desain Kontemporer

Desain dapur di samping rumah berikutnya merupakan perpaduan dengan desain kontemporer yang tercipta berkat sejumlah furnitur dan perlengkapan memasak berwarna hitam, seperti corong lampu, kursi makan, keran air, pemanggang roti, panci, dan pot tanaman kecil.

Salah satu elemen yang unik pada dapur minimalis berpadu kontemporer berikut ini adalah dinding khusus berwarna hitam.

Dinding hitam ini bisa digunakan sebagai media menggambar si anak atau untuk menulis catatan kecil menggunakan kapur yang bisa dihapus kapan pun kamu mau. Seru, ya?

10. Dapur Minimalis yang Terasa Hangat

Sebuah dapur tidak hanya harus tampil cantik dan bersih, tapi juga memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Dapur minimalis yang satu ini tampil bersih berkat penyusunan lemari dan kitchen set yang efisien. Sebagian lemari dibuat menempel pada dinding agar menghemat ruang dan mudah dijangkau oleh penggunanya.

Bentuk furnitur dan perabotan yang digunakan juga sederhana. Lantai dapur menggunakan material lantai kayu yang memberikan nuansa hangat dan nyaman bagi setiap orang yang berada di sana.

Nah, itulah tadi beberapa inspirasi desain dapur di samping rumah yang bisa kamu tiru. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.om ya!

Tag : #dapur minimalis    #dapur kecil    #rumah    #model rumah    #desain dapur    #dapur cantik    #dapur samping rumah   

Baca Juga