Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

Hasil Piala AFF U-19: Super Ketat, Duel Indonesia vs Thailand Berakhir Imbang

Michael | Sepakbola | 07-07-2022

PARBOABOA – Timnas Indonesia U-19 gagal meraih kemenangan di pertandingan ketiga grup A Piala AFF U-19 2022. Berhadapan dengan Timnas Thailand U-19, Garuda Nusantara hanya mampu bermain imbang tanpa gol, 0-0.

Di babak pertama Timnas Indonesia U-19 lebih dominan dan menekan. Namun di babak kedua, Timnas Thailand U-19 membalikkan keadaan dan tampil lebih agresif ke gawang Indonesia.

Bermain di depan ribuan pendukung setia mereka, Timnas Indonesia tampil menekan sejak awal laga. Anak asuh Shin Tae-yong itu langsung tampil menggebrak sejak awal laga.

Laga baru bermain sembilan menit, Indonesia nyaris membuka keunggulan melalui Ronaldo Kwateh yang memanfaatkan kesalahan kiper Thailand yang maju terlebih dahulu. Namun sang kiper bisa kembali ke bawah mistar gawang dengan cepat dan meninju bola yang hampir masuk ke gawang.

Dominasi Indonesia terus berlanjut. Sementara Thailand yang bermain dengan disiplin sesekali melepaskan serangan balik namun tidak terlalu mengancam gawang Indonesia.

Di menit ke-21 dan 23, Indonesia mendapatkan dua peluang yang bagus dari Mikael Tata dan Ferdiansyah. Namun sayang tembakan keduanya masih melebar dari gawang Thailand.

Situasi pertandingan di babak pertama tidak banyak berubah. Namun di menit ke-44 Timnas Indonesia mendapatkan sebuah pukulan berat.

Sang kapten, Marselino Ferdinan mengalami cedera sehingga ia harus ditarik keluar dan digantikan oleh Muhammad Ferrari.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir, skor 0-0 masih bertahan.

Di babak kedua, Shin Tae-yong memutuskan melakukan pergantian pemain. Ferdiansyah ditarik keluar dan digantikan oleh Alfriyanto Nico.

Jalannya pertandingan di lima menit pertama babak kedua mirip seperti babak pertama. Indonesia sedikit lebih dominan daripada Thailand.

Perlahan tapi pasti, Thailand meningkatkan intensistas serangan mereka. Para pemain gajah perang tidak sungkan untuk mulai melakukan pressing tinggi ke arah pertahanan Indonesia.

Di menit ke-56, Thailand mulai menebar ancaman melalui skema sepak pojok. Namun bola sundulan penyerang Thailand hanya melebar dari gawang Indonesia.

Peluang berbahaya Thailand berikutnya lahir dari tendangan salto di menit ke-64, kali ini Cahya Supriyadi dengan sigap menggagalkan peluang ini.

Di menit ke-73, gawang Indonesia nyaris bobol. Berawal dari pemain Indonesia yang kehilangan bola di tengah, Thailand melakukan serangan balik cepat sehingga sang penyerang bisa berhadapan satu lawan satu dengan Cahya Supriyadi. Beruntung tembakan mendatarnya sukses digagalkan oleh Cahya Supriyadi.

Di sisa 15 menit terakhir pertandingan, dominasi Thailand terus berlanjut. Gajah perang terus menerus menekan Indonesia, sementara para pemain Garuda Nusantara terlihat mulai kelelahan sehingga beberapa kali kehilangan konsentrasi dan kerap membuat kesalahan.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 0-0 tetap bertahan, sehingga Indonesia dan Thailand harus rela berbagi poin.

Berkat hasil imbang ini, ada perubahan di posisi klasemen sementara grup A Piala AFF U-19 2022.

Tambahan satu poin ini membuat Thailand meraih tujuh poin. Sehingga mereka menempati peringkat dua klasemen sementara grup A, kalah selisih gol dari Vietnam yang berada di puncak klasemen.

Sementara tambahan satu poin ini membuat Indonesia turun ke peringkat empat klasemen sementara Grup A dengan raihan lima poin. Indonesia tertinggal satu poin dari Myanmar di peringkat tiga dan tertinggal dua poin dari Vietnam di peringkat pertama.

Susunan Pemain Indonesia U-19 vs Thailand U-19:

  • Indonesia U-19: Cahya Supriaadi; Ahmad Rusadi, Marcell Januar, Dimas Maulana; Kakang Rudianto, Ferdiansyah, Marselino Ferdinan, Arkhan Fikri, Mikael Tata; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh
  • Pelatih: Shin Tae-yong
  • Thailand U-19: Narongsak Naengwongsa; Thawatchai Inprakhon, Theekawin Chansari, Chanapach Buaphan, Bukkoree Lemdee, Phon-Ek Maneekom; Sittha Boonlha, Kakana Khamyok, Thanawat Saipetch, Thanawut Phochai; Winai Aimoat
  • Pelatih: Salvador Valero Garcia
     
Tag : #piala aff u19    #timnas indonesia u19    #sepakbola    #pssi    #shin tae yong   

Baca Juga