Gubernur Edy Rahmayadi usai rapat dengan Jokowi (suara.com)

Edy Rahmayadi Mengaku Sengketa Lahan Terbesar di Indonesia Terjadi di Sumut

Sari | Daerah | 12-07-2022

PARBOABOA, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (11/07/2022).

Agenda rapat Edy Rahmayadi bersama presiden, membahas tentang penataan lahan dan persoalan agraria yang terjadi di Sumut.

Edy tak menampik, Sumatera Utara menjadi daerah yang memiliki konflik lahan paling banyak dibandingkan daerah lain di Indonesia.

“Memang konflik lahan yang terbesar di Indonesia ini ada di Sumut,” ujarnya.

Menurut Edy, sengketa lahan di Sumut telah terjadi puluhan tahun yang lalu. Salah satu pemicu terjadinya konflik, ketika warga mengklaim lahan kosong milik negara menjadi milik pribadi. Ia juga meminta masyarakat harus memiliki sertifikat tanah.

"Dia (tanah) nganggur dan kondisi yang kita kemarin ekonominya terganggu ya rakyat masuk disitu. Bercocok tanam segala macam ini akhirnya mejadi persoalan yang harus diluruskan, Iya (sebabnya turun-temurun). Sudah dari 30-40 tahun lalu lah, ya ni semua untuk menguntungkan untuk semua pihak tadi yang saya katakan perlu ada kepastian kalau itu milik rakyat, rakyat harus pasti memegang sertifikat sehingga dia bisa berbuat kehidupan untuk anak dan cucunya," katanya.

Presiden Jokowi memerintahkan Edy dan sejumlah menteri terkait untuk melakukan percepatan penyelesaian konflik lahan yang terjadi di sejumlah daerah.

"Semua tahu bahwa Sumatera Utara memang pure penuh dengan perkebunan, pertanahan yang banyak persoalan di sana sini yang harus diluruskan. Itu yang tadi dibahas oleh Presiden. Dan dalam waktu dekat akan dibentuk tim untuk segera kepastian kondisi agraria di Sumatera Utara," tutur Edy.

Gubernur Sumut itu belum bisa menjelaskan tentang pembentukan tim dan fungsinya bagaimana. Ia mengaku semua akan diputuskan oleh presiden.

"(Tim) nanti diputuskan oleh kepresidenan, saya hanya melaporkan kondisi riil (pertanahan di Sumut)," tutupnya.

Tag : #sengketa lahan    #edy rahmayadi    #daerah    #jokowi    #konflik lahan    #berita sumut   

Baca Juga