Francisco Paco Gento (Sumber foto: Marcha.com)

Presiden Kehormatan Real Madrid, Francisco Paco Gento Meninggal Dunia

Michael | Sepakbola | 18-01-2022

Parboaboa.com – Legenda Real Madrid, Francisco “Paco” Gento dikabarkan meninggal dunia pada usia 88 tahun. Kabar tersebut diketahui melalui laman resmi Real Madrid, Selasa (18/01/2022) sore WIB.

“Presiden klub dan Dewan Direksi sangat berduka atas meninggalnya Francisco Gento, presiden kehormatan Real Madrid dan salah satu legenda terbesar klub kami dan sepak bola dunia,” bunyi pernyataan resmi Real Madrid.

“Real Madrid ingin menyampaikan belasungkawa dan cinta serta kasih sayang kepada istrinya Mari Luz, putranya Francisco dan Julio, cucunya Aitana dan Candela, dan semua kerabat, kolega, dan orang yang dicintainya,” bunyi pernyataan resmi Real Madrid selanjutnya.

“Paco Gento akan selalu dikenang oleh penggemar Real Madrid dan semua penggemar sepak bola sebagai salah satu yang terhebat.”

Gento disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik Real Madrid dan Spanyol sepanjang masa. Dia masih menjadi satu-satunya pemain yang telah memenangkan enam Piala Eropa (sekarang Liga Champion) dan dia juga memenangkan 12 gelar Liga Spanyol, dua gelar Copa Del Rey dan satu Piala Interkontinental selama 18 tahun membela Real Madrid.

Gento memulai kariernya di Racing Satander sebelum bergabung dengan Real Madrid pada tahun 1953 dan menghabiskan 18 tahun kariernya di klub ibukota Spanyol itu hingga pensiun pada tahun 1971. Pemain sayap kiri ini membuat 600 penampilan untuk Los Blancos dan mencetak 182 gol.

Dia juga merupakan peraih gelar terbanyak di Real Madrid dengan jumlah 23 trofi. Rekor tersebut bertahan selama 50 tahun, dan kini telah disamai oleh Marcelo saat Los Blancos juara Piala Super Spanyol 2021/2022.

Sementara itu di level internasioanal, Gento mencatatkan 43 penampilan untuk timnas Spanyol dan mewakili negaranya di Piala Dunia 1962 dan 1966.
 

Tag : #Real Madrid    #Liga Spanyol    #Francesco Paco Gento    #Sepak Bola   

Baca Juga