Filter Udara Sepeda Motor (Foto: deltalube.com)

Ketahui 5 Fungsi Filter Udara pada Sepeda Motor

Juni | Otomotif | 16-09-2022

PARBOABOA – Filter udara merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Fungsinya adalah untuk menyaring udara kotor agar tidak masuk ke sistem injeksi atau karburator dan memastikan agar ruang bakar tetap bersih.

Performa yang dimiliki oleh sepeda motor akan tergantung pada kebersihan filter udara. Lalu, apa saja sebenarnya fungsi filter udara pada sepeda motor? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Menyaring Udara

Tenaga mesin dihasilkan karena adanya proses pembakaran yang dibantu oleh udara. Sesuai dengan namanya, komponen motor yang satu ini berperan untuk menyaring udara  agar terbebas dari debu dan kotoran.

Jika udara yang masuk ke dalam ruang bakar tercemar, maka akan membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

2. Menjaga Ruang Bakar Tetap Bersih

Ruang bakar merupakan bagian yang tak bisa dibersihkan secara langsung, sehingga bahan yang masuk ke dalam seperti udara dan bahan bakar perlu dijaga kualitasnya.

Filter udara juga berperan untuk menjaga masalah teknis lainnya. Karena kotoran tidak hanya membuat ruang bakar bermasalah, tapi juga bisa menyumbat di beberapa bagian mesin.

3. Mencegah Timbulnya Kerak

Masalah yang paling sering terjadi pada mesin adalah timbulnya kerak. Filter udara berfungsi mencegah timbulnya kerak yang dibawa oleh kotoran dalam udara serta gerakan piston dan klep. Saat kotoran tersebut menumpuk dan mengeras, akan semakin sulit dibersihkan.

4. Menghindari Munculnya Karat

Udara tidak hanya mengandung kotoran, namun juga mengandung air. Kelembaban dalam udara tidak boleh masuk ke dalam ruang bakar karena akan menimbulkan oksidasi pada komponen mesin motor.

Jadi selain kotoran, keberadaan filter udara juga akan menahan air sehingga ruang bakar dan mesin tetap dalam kondisi kering. Korosi atau karat sangat berbahaya bagi mesin dan dapat mempengaruhi area lainnya.

5. Menjaga Kondisi Motor Tetap Bertenaga

Jika Anda sering merasa mesin motor kurang bertenaga, mungkin saja filter udaranya sedang bermasalah. Pembakaran yang bagus akan membuat motor tetap bertenaga. Karenanya, kebersihan dan kualitas filter udara dapat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Itulah tadi beberapa fungsi filter udara pada sepeda motor yang harus diketahui. Lakukan pembersihan secara rutin untuk memastikan mesin tetap dalam kondisi prima.

Tag : #filter udara    #motor    #otomotif    #karburator    #saringan udara    #perawatan motor    #tips   

Baca Juga