Google kembali menggelar program Bangkit untuk angkatan ketiga pada tahun 2022

Google Gelar Kembali Pelatihan Bangkit 2022 untuk Mahasiswa, Ini Syaratnya

Wanovy | Teknologi | 03-12-2021

Google kembali menggelar program Bangkit untuk angkatan ketiga pada tahun 2022. Program pelatihan talenta digital untuk mahasiswa ini sebelumnya telah digelar pada tahun 2020 dan 2021.

Google mengatakan kelas Bangkit yang diadakan pada tahun 2021 terbilang sukses sehingga mereka kembali mengadakan program pelatihan tersebut di tahun depan.

Untuk program Bangkit tahun depan, Google menyediakan 3.000 kursi untuk mahasiswa yang tertarik mendaftar.

"Secara total, kita sudah ada lebih dari 2.500 peserta yang berhasil lulus dari program Bangkit. Dan yang lebih membanggakan lagi, 30% dari yang lulus adalah perempuan, bahkan hampir 70% berasal bukan dari kota-kota besar," kata Muriel Makarim, Head of Brand Marketing Google Indonesia dalam press briefing virtual, Kamis (2/12/2021).

"490 lulusan Bangkit juga sudah berhasil menemukan pekerjaan atau magang di bidang teknologi. Tentu kita bangga karena tujuannya kita ingin mempermudah para peserta untuk mendapatkan pekerjaan di bidang IT," imbuhnya

Dalam program Bangkit 2022 ini, mahasiswa yang ikut serta dapat memilih tiga topik tersedia yang akan dipelajari.

Ketiga topik tersebut mencakup Machine Learning, Android Mobile Development, dan Cloud Computing.

Hal itu diumumkan President Google Asia Pacific, Scott Beaumont, dalam acara "Google for Indonesia 2021" yang digelar secara virtual, Kamis (2/12/2021).

"Kami bangga menghadirkan kembali program Bangkit dengan mitra baru untuk 2022. Tahun ini kami bekerja sama dengan GoTo, Traveloka, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui program 'Kampus Merdeka'," ujar Scott.

Untuk mempermudah proses pembelajaran, Google juga kini bakal memberikan modul khusus bagi para peserta yang tidak memiliki latar belakang di bidang IT, dan menyediakan modul pembelajaran dalam bahasa Inggris.

Program Bangkit 2022 bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia secara gratis.

Syarat utama untuk mengikuti Bangkit 2022 adalah sebagai berikut:

1. Calon peserta merupakan mahasiswa D4 atau S1 dari kampus yang terakreditasi di Indonesia,

2. Calon peserta telah menjalani 5 semester dalam kegiatan perkuliahan.

3. Peserta harus bersedia untuk mengikuti pembelajaran lebih dari 40 jam per minggu, dan menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan dalam periode pembelajaran Bangkit 2022.

Pendaftaran untuk program Bangkit telah dibuka dan akan ditutup pada 31 Desember 2021. Program ini akan dimulai pada Februari 2022 dan berlangsung selama satu semester.

Nantinya, Google bakal menyeleksi para mahasiswa yang berhak mengikuti program tersebut dan mengumumkannya pada 2 Februari 2022 mendatang.

Setelah lulus dari program Bangkit, peserta akan mendapatkan sertifikat sesuai topik yang dipilih, serta berkesempatan untuk mendapatkan kerja di ajang Bangkit Career Fair.

Lulusan program Bangkit juga bisa memperoleh hingga 20 SKS dan menjadi salah satu dari 15 tim terpilih yang akan mendapatkan pendanaan dari Google untuk ide bisnis mereka.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program pengembangan kemampuan mahasiswa ini bisa disimak melalui tautan berikut.

Tag : #google    #bangkit    #pelatihan google    #program bangkit 2022    #google for Indonesia   

Baca Juga