Daniel Siregar, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pematangsiantar.

Gugus Tugas Covid-19 Siantar Mengakui Ada Rumah Sakit Yang Tidak Jujur Mengeluarkan Hasil Swab

maraden | Daerah | 30-07-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar ĖSekretaris Satgas Covid-19 Pematangsiantar Daniel Siregar mengatakan Gugus Tugas Covid-19 kota Pematangsiantar menemukan ada rumah sakit yang tidak melaporkan hasil pemeriksaan swab antigen secara utuh. Temuan ketidakjujuran ini terbongkar dua hari lalu. Tetapi Daniel engan membeberkan nama Rumah Sakit yang dimaksud tersebut.

"Rumah sakit ini melakukan swab antigen tapi tidak melaporkan secara utuh.  Alasannya karena keterbatasan tenaga. Jadi kita meminta agar hal-hal seperti itu segra diperbaiki dan apabila memang benar faktor kekurangan tenaga agar melakukan perekrutan," ujar Daniel yang juga merupakan juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Pematangsiantar, pada Jumat (30/07).

Daniel juga mengatakan bahwa ada kecurigaan perbuatan ini disengaja oelh pihak rumah sakit dimaksud agar warga yang terbukti positif terpapar  virus corona dapat tetap melakukan perjalanan.

"Demi kepentingan perjalanan, yang dilaporkan ke Satgas melalui Dinas Kesehatan tidak sebanding dengan  yang positif ini, akibatnya orang yang positif malah bisa berkeliaran," ucapnya.

Ia menambahkan, Satgas Covid-19 Pematangsiantar sedang menelusuri kemungkinan adanya keterlibatan rumah sakit lain yang turut melakukan hal serupa.

Daniel Siregar mengultimatum seluruh pihak rumah sakit yang melakukan pemeriksaan rapid test antigen untuk melaporkan seluruh rekap hasilnya secara cepat.

Satgas akan meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan pembinaan terhadap pihak manajemen dari semua rumah sakit yang melakukan test swab antigen maupun PCR test di kota Pemtangsiantar.

Lebih lanjut kata Daniel, hal ini sangat diperlukan demi keakuratan tracing ataupun pengumpulan data terkait Covid-19 di Siantar pada khususnya.

Tag : #tokoh    #daerah    #covid19    #hukum    #kesehatan   

Baca Juga