Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Republik Irlandia Tahan Imbang Portugal

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Republik Irlandia Tahan Imbang Portugal

Michael | Sepakbola | 12-11-2021

Timnas Portugal ditahan imbang 0-0 oleh Irlandia pada laga kesembilan Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona Eropa.

Pertandingan Irlandia vs Portugal berlangsung di Stadion Aviva, Dublin, pada hari Jumat (12/11/2021) pukul 02.45 WIB.

Timnas Portugal sebenarnya menguasai jalannya pertandingan dan berkali-kali membuat sejumlah peluang. 

Akan tetapi, semua upaya yang dilakukan masih belum bisa merubah keadaaan. Begitu juga dengan usaha dari mega bintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Dipertandingan ini Portugal mendapatkan kartu merah. Setelah bek tengah mereka Pepe mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-81.

Meski bermain dengan 10 orang, Portugal masih bisa tampil dengan baik dan menjaga tempo permainan mereka.

Mendapatkan tambahan satu poin dari pertandingan ini membuat Portugal memimpin puncak klasmen Grup A.

Kini, Portugal telah mengumpulkan 17 poin di Grup A. Perolehan poin mereka sama dengan Serbia yang berada di posisi kedua.

Namun, Timnas Portugal lebih unggul dari sisi selisih gol yang membuat mereka memimpin puncak klasmen Grup A.

Dalam pertandingan selanjutnya, Portugal akan menjalani laga penentuan dengan Serbia yang akan berlangsung, Selasa (15/11/2021).

Kemenangan akan memastikan kedua Negara ini lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dan yang menang dalam laga penentuan ini, dipastikan akan lolos sebagai Juara Grup.

Jalannya pertandingan Irlandia vs Portugal

Babak Pertama

Portugal berhasil mendominasi jalannya pertandingan dari awal babak pertama. Mereka berhasil menekan pertahanan Irlandia dan membuat lawannya terkurung di daerah pertahanan saja.

Portugal berhasil melakukan lima upaya ke arah gawang hingga menit ke-26. Namun, hanya ada satu upaya yang berhasil mengancam gawang dari Irlandia.

Tak lama setelah itu, Portugal berpeluang mendapatkan penalti setelah Cristiano Ronaldo terjatuh saat berduel di udara dengan pemain bertahan dari lawan.

Sayang sekali, wasit tak menganggap itu sebagai pelanggaran sehingga permainan tetap dilanjutkan.

Meski dalam tekanan, tidak membuat Irlandia tak mampu melakukan serangan kearah pertahanan Portugal. Melalui serangan balik cepat, Irlandia beberapa kali berhasil mengancam gawang dari Rui Patricio.

Callum Robinson mendapatkan peluang emas yang bisa membawa Irlandia unggul unutk sementara waktu. Namun, tendangan yang dilepaskannya masih bisa ditepis Rui Patricio yang berada diposisi yang tepat.

Portugal tetap mendominasi jalannya pertandingan, meskipun Irlandia sekali-kali melakukan serangan balik balasan kearah gawang dari Rui Patricio.

Irlandia mendapatkan sebuah peluang emas menjelang akhir babak pertama, Chiedozie Ogbene melakukan sundulan setelah mendapatkan umpan dari sisi kiri. Namun sayang, upaya yang dilakukannya melalui sundulan masih melebar dari sisi gawang.

Hingga babak pertama berakhir skor 0-0 menutup jalannya pertandingan Irlandia vs Portugal.

Babak kedua

Tertekan selama babak pertama, Irlandia mengambil inisiatif untuk menekan lebih dulu dibabak kedua. Tekanan yang mereka lakukan membuat pertahanan Portugal jadi kocar kacir.

Matheus Nunes terpeleset di dalam kotak penalti Portugal. Bola liar langsung disambut pemain Irlandia tetapi sepakan yang dilepaskannya masih terlalu lemah sehingga diantisipasi dengan mudah oleh Rui Patricio.

Cristiano Ronaldo mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol melalui sepakan tendangan bebas pada menit ke-55. Namun, bola yang dilepaskannya sedikit melenceng dari sisi gawang dari Irlandia.

Portugal kembali mendapatkan sebuah peluang emas untuk mencetak gol. Lagi-lagi dari aksi Cristiano Ronaldo yang melakukan sundulan setelah mendapatkan umpan silang dari Andre Silva dari sisi kanan pada menit ke-67. Sayang, sundulan yang dilepaskan Ronaldo masih belum menemui sasaran.

Petaka menghampiri Portugal dimenit ke-81, mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Pepe mendapatkan kartu kuning kedua dan membuat dia meninggalkan lebih cepat setelah tidak sengaja menyikut pemain Irlandia Callum Robinson.

Hali ini, membuat pelatih Fernando Santos memasukkan Jose Fonte untuk menggantikan Rafael Leao yang baru masuk dibabak kedua.

Keunggulan pemain membuat Irlandia lebih berani tampil menyerang dan lebih agresif. Sayang, usaha yang mereka lakukan tidak mampu menghasilkan gol.

Portugal yang bermain dengan 10 orang pun gagal meraih kemenangan di kandang Irlandia. Hingga pertandingan selesai skor 0-0 menjadi hasil akhir pertandingan ini.
 

Tag : #hasil pertandingan    #hasil kualifikasi piala dunia 2022    #irlandia    #portugal   

Baca Juga