Hasil Pertandingan BRI Liga 1: Persebaya vs Persita

Hasil Pertandingan BRI Liga 1: Persebaya vs Persita

Michael | Sepakbola | 24-11-2021

Parboaboa.com – Persebaya Surabaya berhasil menang dengan skor telak saat berjumpa Persita Tangerang. Tim asal Kota Pahlawan itu unggul 4-0 dalam pertandingan pekan ke-13 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/11/2021) malam.

Babak Pertama

Persebaya langsung memberikan ancaman saat pertandingan belum genap berjalan semenit. Marselino Ferdinan sukses mengirim operan bagus kepada Bruno Moreira yang diteruskan menjadi tembakan. Sayang, bola berhasil diamankan kiper Try Hamdani.

Tim berjulukan Bajul Ijo itu pun berhasil unggul di menit ketiga. Hal ini terjadi berkat pergerakan Marselino di lapangan tengah yang kemudian mengirim umpan ke sisi kanan. Bola diterima oleh Taisei Marukawa yang melepas tembakan dari sudut sempit yang melahirkan sebuah gol cantik. Skor 1-0.

Kebobolan gol cepat membuat para pemain Persita bermain lebih menekan pertahanan lawan. Di menit ke-12, Bae Sin-yeong melepas tembakan setelah memanfaatkan umpan dari Herwin Tri Saputra. Sayang, bola hasil tembakannya belum menemui sasaran.

Persebaya melepas tembakan bertubi-tubi di menit ke-18. Diawali Bruno menembak dari dekat kotak penalti yang mengenai bek Persita. Bola rebound disambut dengan tembakan keras oleh Marselino yang melambung di atas mistar gawang.

Di menit ke-25, Persita berhasil memasukkan bola ke gawang Persebaya. Itu berkat umpan terobosan Aldi Al Cahya yang diteruskan dengan tembakan yang mengecoh kiper Ernando Ari Sutaryadi. Namun, wasit menganulirnya karena menganggap Cardoso sudah berada dalam posisi offside.

Ernando sendiri terpaksa mengakhiri laga cepat. Dia ditarik keluar pada menit ke-27 karena mengalami cedera bahu. Jajaran pelatih Persebaya memasukkan Andhika Ramadhani sebagai penjaga gawang pengganti.

Ancaman Persita masih tidak berhenti demi mencetak gol balasan. Muhammad Toha mengirim umpan silang kepada Irsyad Maulana yang berada di dalam kotak penalti di menit ke-32. Sayang, tembakannya lemah dan mudah diamankan Andhika.

Persita masih bermain agresif dengan menguasai jalannya pertandingan. Sayang, tidak ada lagi ancaman yang berhasil mereka ciptakan. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 untuk Persebaya.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan jual beli serangan yang dilakukan oleh kedua tim. Baik Persebaya maupun Persita sama-sama bersabar dalam membangun serangan. Namun, belum ada ancaman sampai 10 menit kemudian.

Gelandang muda Alwi Slamat mendapat kesempatan membawa Persebaya menggandakan keunggulan di menit ke-55. Namun, tembakan yang dilepaskannya masih melenceng dari gawang Pendekar Cisadane.

Raphael Maitimo hampir saja membuat Persita mencetak gol balasan di menit ke-63. Gelandang yang masuk sebagai pemain pengganti itu melepas tembakan yang sayangnya masih belum mengarah ke gawang Persebaya.

Persebaya malah berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-68. Itu bermula dari umpan lambung dari lini tengah yang dikirim oleh Jose Wilkson. Bruno Moreira berhasil menerima dengan baik dan kemudian melepas tembakan mendatar yang gagal dibendung Try Hamdani.

Tim Bajul Ijo kembali mencetak gol, kali ini lewat titik putih. Itu terjadi setelah Syaeful Anwar menjatuhkan Jose Wilkson di kotak terlarang. Taisei Marukawa yang menjadi eksekutor penalti sukses memperdaya Try Hamdani di menit ke-75.

Persita kembali mendapat peluang emas lewat tendangan bebas pada menit ke-79. Bae Sin-yeong menjadi penendangnya dan mampu melepas tembakan cantik melengkung. Sayang, bola tipis saja melambung di atas mistar.

Semenit kemudian, Persebaya malah mencetak gol keempat. Mulanya Samsul Arif mencuri bola saat pemain Persita mengirim umpan. Dia mendribel bola sampai kotak penalti dan melepas tembakan yang lagi-lagi gagal dibendung Try Hamdani di menit ke-80.

Tidak ada tambahan gol sampai wasit Nendi Rohaendi meniup peluit panjang tanda laga berakhir. Persebaya untuk sementara naik ke peringkat kelima dengan 23 poin. Sedangkan Persita tertahan di peringkat kedelapan dengan 19 angka. 

Tag : hasil pertandingan, bri liga 1, persebaya, persita, taisei marukawa

Berita Terkait