Egy Maulana Vikri membuka keunggulan Timnas Indonesia U-23 atas Timor Lester U-23 (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Hasil SEA Games 2021: Timnas Indonesia U-23 Menang Telak Atas Timor Leste U-23

Michael | Sepakbola | 10-05-2022

PARBOABOA – Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan telak 4-1 atas Timor Leste pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022). Hasil ini pun menjaga peluang pasukan Shin Tae Yong untuk lolos ke babak semifinal.

Akan tetapi, tambahan tiga poin ini tidak mengubah posisi Timnas Indonesia U-23 di urutan keempat klasemen sementara SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda tertinggal satu angka dari Filipina dan Vietnam.

Bermain di Stadion Viet Tri, Timnas U-23 langsung mendapatkan tekanan dari Timor Leste pada awal babak pertama. Tekanan itu membuat Marck Klok melakukan pelanggaran terhadap Mouzinho di kotak terlarang.

Wasit kemudian menunjuk titik putih dan memberikan tendangan penalti untuk Timor Leste. Beruntung, Mouzinho yang menjadi eksekutor gagal merubah kedudukan setelah bola hasil tendangannya ditepis kiper Ernando Ari.

Setelah itu, Timor Leste terus menekan lini pertahanan Timnas U-23. Namun, Solidnya barisan belakang yang dimainkan Shin Tae Yong membuat peluang yang dimiliki Timor Leste sia-sia.

Timnas U-23 akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-15. Berawal dari umpan silang Syarian Abimanyu yang disundul oleh Rizky Ridho.

Bola kemudian mengarah ke Egy Maulana Vikri yang berdiri bebas di depan gawang Timor Leste. Tanpa pikir panjang, Egy kemudian melakukan tendangan langsung yang gagal diantisipasi kiper Junildo Pereira.

Timnas U-23 hampir menambah keunggulan pada menit ke-21 karena mendapatkan dua peluang emas. Namun, bola hasil sepakan Egy dan Irfan Jauhari masih bisa ditepis oleh kiper Timor Leste.

Memasuki menit ke-25, giliran Ricky Kambuaya yang memberikan ancaman di bawah gawang Timor Leste. Namun, bola hasil sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa diamankan kiper Junildo Pereira.

Egy kembali membuang peluang pada menit ke-29. Menerima umpan silang dari Rio Fahmi, Egy gagal melepaskan tendangan tepat sasaran ke gawang Timor Leste.

Setelah itu, Timor Leste langsung melakukan pertahanan yang rapat sehingga menyulitkan Timnas Indonesia U-23 untuk menambah keunggulan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-23 langsung menekan Timor Leste. Peluang skuad Garuda Muda hadir melalui Saddil Ramdani yang masuk sebagai pemain pengganti. Namun, bola sepakannya masih melebar dari sasaran.

Timnas U-23 akhirnya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-52 melalui aksi Witan Sulaeman. Melalui lemparan ke dalam dari Alfeandra Dewangga, Witan kemudian menyundul bola ke pojok kiri gawang Timor Leste.

Pada menit ke-55, Witan sebenarnya berhasil merobek gawang Timor Leste lagi. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menilai Witan sudah lebih dulu berada dalam posisi offside.

Tiga menit kemudian, Timnas U-23 kembali mencetak gol melalui aksi Fachruddin Aryanto. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Timor Leste, Fachruddin sukses menyundul bola yang gagal diantisipasi kiper Junildo Pereira.

Keasyikan menyerang, Timnas U-23 justru dikejutkan dengan serangan balik Timor Leste. Melalui skema itu, Mouzinho berhasil menjebol gawang Timnas U-23 pada menit ke-69 setelah memaksimalkan bola hasil tepisan kiper Ernando Ari.

Semenit berselang, Timnas U-23 balik menekan melalui Saddil Ramdani. Namun, bola hasil sepakannya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis oleh Junildo Pereira.

Pada menit ke-77, Witan kembali mencatatkan namanya di papan skor. Memaksimalkan umpan tarik Saddil, Witan dengan tenang melepaskan tendangan mendatar ke pojok kiri gawang.

Timor Leste kemudian berusaha mencari gol tambahan pada menit ke-80 melalui tendangan Gumario. Namun, bola hasil sepakan Gumario dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi oleh Ernando Ari.

Timor Leste hampir memperkecil ketertinggalan pada menit ke-88. Namun, bola hasil tendangan bebas Mouzinho masih membentur mistar gawang Timnas U-23. Hingga laga usai, tak ada gol tambahan. Skor 4-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23 tetap bertahan.

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste U-23

  • Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari (kiper), Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga (belakang), Syahrian Abimanyu, Marc Klok, Ricky Kambuaya (tengah), Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari (depan).
  • Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)
  • Timor Leste (5-3-2): Junildo Pereira (kiper), Nelson Viegas, Orcelio, Gumario, Joao Halle, Filomeno Junior(belakang), Filomeno Junior, Jhon Firth, Cristevao (tengah), Elias Mesquita, Mouzinho (depan)
  • Pelatih: Fabio Magrao (Brasil) 
     
Tag : #timnas indonesia u-23    #sea games 2021    #sepakbola    #timor leste u-23    #pssi    #shin tae yong   

Baca Juga