ilustrasi

Hujan Turun Terus, Harga Sayuran di Medan Bergerak Naik

sondang | Daerah | 20-08-2021

PARBOABOA, Medan akhir- akhir ini, hujan terus melanda kota Medan hingga menyebabkan banjir dimana-mana. Akibatnya, harga sayur-mayur di Kota Medan dan sekitarnya bergerak naik.

"Iya, harga sayur-mayur naik semua. mulai cabai merah hingga tomat akibat panen terganggu hujan deras yang melanda daerah produsen,"ujar M Tarigan, pedagang sayur-mayur di kawasan Tanjungsari, Medan pada Jumat (20/8).

Harga cabai merah yang berawal di kisaran Rp 25.000 naik menjadi Rp45. 000 per kg. untuk harga tomat yang awalnya Rp 15.000 kini menjadi Rp24. 000 per kg.

Akan ada kemungkinann bahwa harga sayuran tersebut masih bergerak naik dikarenakan hujan masih melanda sebagian besar wilayah Sumut.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumut, Soekowardojo, mengakui ada kenaikan harga berbagai barang. Ia mengatakan bahwa BI sendiri memang sudah memperkirakan besaran inflasi di Sumut pada 2021 akan lebih tinggi dari 2020.

Kenaikan inflasi ini didorong kenaikan harga berbagai barang khususnya komoditas. Harga 10 komoditas pangan strategis di Sumut pada Juli 2021 masih berada pada "range" tiga tahun terakhir atau 2018-2020.

Ia juga mengatakan gejolak harga berbagai barang harus ditekan untuk menekan inflasi.

Tag : #daerah    #nasional   

Baca Juga