Toyota Prius PHEV.

Ikuti Hyundai Hadirkan Kendaraan Elektrifikasi, Toyota Komitmen Pengurangan Emisi

Maraden | Otomotif | 29-10-2021

PARBOABOA, Jakarta – Sejumlah pabrikan otomotif berlomba-lomba untuk menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia. Setelah Hyundai yang akan mulai produksi di Indonesia pada Maret 2022 mendatang, Toyota juga tidak ketinggalan dengan melakukan langkah yang sama.

Sebagai benduk dukungan terhadap program Pemerintah Indonesia dalam mempercepat era elektrifikasi kendaraan bermotor, Toyota akan menghadirkan line-up lengkap mobil listrik ke pasar dalam negeri. Toyota Indonesia menegaskan turut berkomitmen untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam memasyarakatkan kendaraan yang ramah lingkungan melalui teknologi elektrifikasi.

Hal tersebut sejalan dengan langkah Toyota secara global yang berkomitmen mengurangi emisi karbondioksida hingga nol persen pada 2050 di samping mengembangkan teknologi terkait.

Sebagai produsen otomotif global, Toyota juga berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon dan pengurangan emisi gas buang melalui kampanye "Toyota Environmental Challenge 2050" dengan mengeluarkan sejumlah produk otomotif yang lengkap dan sesuai kebutuhan pasar.

Dalam webinar Toyota Astra Motor Electrification Day, President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda mengatakan jika Toyota akan menghadirkan kendaraan Elektrifikasi di setiap line-up produksinya.

"Secara global, Toyota telah menjadi produsen kendaraan listrik nomor satu dengan memproduksi sebanyak 55 model mobil listrik yang lengkap, baik Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicles (BEV) hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)," katanya, Jumat (29/10/2021).

Matsuda mengatakan melalui produk-produk kendaraan listirk yang mencapai lebih dari 2 juta unit itu, perseroan berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon sekitar 140 juta ton secara kumulatif dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun.

Di Indonesia sendiri, TAM pertama kali menghadirkan kendaraaan elektrifikasi HEV melalui Toyota Prius Hybrid pada 2009 dan Lexus LS600h di 2010. Maka, sampai saat ini di bawah bendera Toyota Indonesia sudah ada 10 model kendaraan elektrifikasi.

Era mobil listrik di dalam negeri kian nyata belakangan ini, sejumlah pabrikan berlomba-lomba untuk masuk ke Indonesia dan memproduksinya secara langsung, salah satunya adalah pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai.

Kementerian Perindustrian Repulblik Indonesia resmi mengumumkan pabrik mobil listrik pertama yang akan memulai produksinya di Indonesia, dia adalah PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Tag : otomotif, mobil listrik, toyota astra motor, hyundai, mobil hybrid, lexus

Berita Terkait