Nelayan menangkap ikan teri yang melompat ke pesisir pantai

Heboh Ikan Teri Berlompatan ke Pesisir Pantai Selatan Yogyakarta

rini | Daerah | 22-09-2021

PARBOABOA, Yogyakarta - Fenomena aneh terjadi di pinggir pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pasalnya ikan-ikan teri berlompatan ke pinggir pantai. Video yang dibagikan warga menjadi viral di media sosial.

Tak menyia-nyiakan kesempatan, para nelayan mengumpulkan ikan dengan jaring.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) DIY Catur Nur Amin menyebut fenomena ikan melompat ke darat itu selalu terjadi setiap tahun dan tidak berkaitan dengan hal mistis.

“Bukan mistis, tidak luar biasa karena tiap tahun seperti itu." jelas Catur Nur Amin, Rabu (22/9).

Catur menjelaskan fenomena ikan bertebaran di pantai selatan ini adalah fenomena yang kerap terjadi di pergantian musim atau pancaroba. Setidaknya ada tiga kemungkinan yang jadi penyebab.

Pertama karena perubahan suhu air laut, sementara ikan teri cari suhu yang nyaman dan di darat lebih hangat jadi menuju ke arah daratan.

Kemudian kemungkinan yang kedua, saat gerombolan teri ini berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dia dikejar oleh predator misalnya ikan layur. Hal itu membuat gerombolan terpecah dan menuju ke pantai.

Selanjutnya, kemungkinan ketiga bisa saja gerombolan ikan teri ini terkena gelombang. Dengan begitu gerombolan menjadi terpecah ada sebagian ke daratan.

Catur menyebut dalam video yang beredar itu, lokasi ikan teri berlompatan ke daratan itu ada di Pantai Wediombo Gunungkidul, dan Laguna Trisik Kulon Progo. Dia memprediksi fenomena ikan teri berlompatan ke daratan ini bakal terjadi selama tiga hari, terutama menjelang malam.

Hal itu dipicu karena ikan teri bergerak mencari cahaya yang dipancarkan pelabuhan atau sumber sinar di daratan lain. Sedangkan pada siang hari teri akan bergerak ke tengah laut kembali karena cahaya sudah menyebar.

Diperkirakan ikan teri yang berlompatan itu adalah jenis stolephorus sp atau sering disebut sebagai teri juwi. Dengan ukuran maksimal mencapai 5 cm.

Tag : #daerah    #viral    #fenomena aneh    #ikan teri melompat ke darat    #yogyakarta   

Baca Juga