Indonesia kirimkan obat-obatan untuk Sri Lanka (dok Humas Kemenkes)

Indonesia Kirimkan Bantuan Kesehatan untuk Sri Lanka yang Sedang Dilanda Krisis

Rini | Nasional | 29-04-2022

PARBOABOA, Jakarta - Sri Lanka saat ini sedang dilanda krisis yang sangat parah. Salah satu negara di Asia Selatan ini mengalami kebangkrutan karena utang yang membengkak.

Melihat kondisi negara tersebut yang sedang terpuruk, Indonesia pun memberikan bantuan berupa obat dan alat kesehatan.  

Bantuan pertama dari Indonesia ini terdiri dari 8 item obat sitostatika, 6 item alat kesehatan senilai Rp 4,5 miliar.

Sekjen Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan Sri Lanka merupakan salah satu negara yang menjadi mitra penting Indonesia. Oleh karena itu, bantuan yang diberikan Indonesia ini diharapakan dapat meringankan beban hidup rakyat Sri Lanka.

"Sri Lanka adalah mitra penting bagi Indonesia dan semoga bantuan ini bisa meringankan bebas masyarakat Sri Lanka saat ini," ujar Kunta Wibawa dalam pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (28/4).

Adapun bantuan yang dikirimkan Indonesia ini merupakan hasil donasi dari sembilan perusahaan farmasi di Indonesia, yakni PT Dexa Medica Group, PT Bernofarm, PT Global Onkolab Farma (Kalbe Group), PT CKD Otto 5, PT. Jayamas, PT. Safelock, PT Ocean Medika, PT. Bara Sehat Jaya, dan PT. Triton Manufactures.

Dari hasil donasi tersebut berhasil dikumpulkan 11 item obat dan 8 item kesehatan senilai Rp 21,1 miliar.

Pengiriman bantuan tahap pertama ini telah dilakukan pada Kamis (28/4) kemarin, bantuan tersebut pun dibawa dengan menggunakan penerbangan Sri Lanka Airlines. Bantuan tersebut telah tiba di Sri Lanka pada Kamis sore.

Bantuan kemudian diserahkan secara simbolis oleh Duta Besar RI untuk Sri Lanka, Dewi Gustina Tobing kepada Menteri Kesehatan Sri Lanka Channa Jayasumana.

Pengiriman bantuan direncanakan akan kembali dilakukan pada 8 Mei mendatang. Pada pengiriman kedua, Indonesia akan memberikan bantuan berupa suplemen untuk penderita kanker, benang bedah, serta alkes lainnya.

Tag : #sri lanka    #krisis ekonomi    #internasional    #bantuan untuk sri lanka    #krisis sri lanka    #   

Baca Juga