Ilustrasi

Twitch Diretas, Informasi Rahasia Hingga Gaji Streamer Ikut Bocor

Wanovy | Teknologi | 07-10-2021

Platform streaming game, Twitch dilaporkan kena retas oleh hacker anonim. Data 125GB berisi informasi internal perusahaan bocor di forum online.

Secara rinci, data Twitch yang bocor ini berisi source code, informasi terkait produk yang belum dirilis, hingga detail pembayaran atau gaji ke kreator Twitch.

Twitch sendiri telah mengkonfirmasi bahwa insiden kebocoran data itu benar terjadi.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa pelanggaran telah terjadi. Tim kami bekerja dengan cepat untuk memahami sejauh mana ini terdampak," kata Twitch, dikutip dari The Verge, Kamis (7/10/2021).

Dalam dokumen internal yang dibocorkan, data rincian gaji streamer Twitch selama dua tahun terakhir yakni periode Agustus-September 2019 hingga Oktober 2021 ini ikut terungkap.

Outlet media Kotaku melaporkan, angka pendapatan streamer di dokumen itu mencapai jutaan dollar AS.

Beberapa nama yang muncul dalam dokumen itu meliputi streamer terkenal, seperti Dungeons & Dragons, CriticalRole, xQC Kanada, dan American Summit1g. Deretan streamer itu menjadi salah satu yang berpenghasilan tinggi di Twitch.

"Rincian gaji yang bocor itu mencantumkan angka pendapatan saya yang 100 persen benar," kata Streamer Fortnite BBG Calc kepada BBC News, Kamis (7/10/2021).

Sementara streamer lain mengkonfirmasi bahwa penghasilan mereka "akurat", sementara orang ketiga yang terkait erat dengan pemain terkenal mengatakan detailnya "hampir benar".

Berdasarkan informasi, sejauh ini peretas telah membocorkan data yang mencakup source code untuk layanan streaming perusahaan.

Data source code tersebut adalah milik produk Amazon Game Studios yang belum dirilis. Informasi lain yang juga telah bocor adalah detail pembayaran kreator.

Sebelumnya, sebuah poster anonim di di 4chan messaging board merilis torrent dengan kapasitas 128GB. Si pengunggah mengklaim isi dari file tersebut mencakup keseluruhan riwayat Twitch.

File tersebut diberi label "part one", memperlihatkan bahwa mungkin masih ada lagi file-file hasil peretasan Twitch.

Meskipun informasi pribadi seperti detail pembayaran kreator disertakan, kebocoran awal ini disebut-sebut tidak menyertakan kata sandi, alamat, atau akun email pengguna Twitch.

Sebagai gantinya, si pembocor hanya terfokus membagikan alat dan informasi perusahaan Twitch alih-alih menyertakan akun-akun pribadi.

Saat ini, tidak jelas berapa banyak data yang telah diakses. Namun Twitch mengatakan, pihaknya tengah bekerja untuk memahami lebih lanjut mengenai pelanggaran keamanannya.

Sebagai langkah antisipasi, pengguna Twitch diimbau untuk segera mengubah kata sandi miliknya dan mengaktifkan lapisan perlindungan otentikasi dua faktor (two-factor authentication). Streamer juga disarankan untuk menyetel ulang kunci streaming (stream key) untuk melindungi data.

Tag : #teknologi    #game    #scam    #twitch   

Baca Juga