ilustrasi dealer mobil bekas (cermati.com)

Inilah 9 Tips Dalam Membeli Mobil Bekas

Dimas | Otomotif | 23-03-2022

PARBOABOA – Membeli mobil bekas kini menjadi alternatif banyak orang untuk mendapatkan kendaraan pribadi. Dengan harga yang miring, seseorang bisa memiliki mobil dengan kualitas yang cukup baik.

Ada banyak keuntungan membeli mobil bekas dibanding mobil baru. Salah satunya adalah seseorang bisa langsung menggunakannya. Dan yang paling penting adalah harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang begitu mahal. Karena setiap tahunnya ada kemungkinan pajak tahunan dapat berkurang tergantung dari berapa harga pajak kendaraan baru yang dimiliki.

Namun, membeli mobil bekas tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal-hal yang tentunya  harus di perhatikan, agar mobil yang di beli nantinya memiliki kualitas yang bagus.

Dilansir dari situs Edmunds,  ada beberapa tips yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli mobil bekas.

1. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Sebelum memilih mobil bekas yang akan dibeli, hal yang paling pertama dilakukan adalah mengetahui berapa harga mobil yang ingin dibeli. Sehingga bisa merencanakan skema pembayarannya sejak awal dan tidak akan mengganggu keuangan di kemudian hari.

2. Lakukan Survei Secara Langsung Sebelum Membeli

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah melakukan survey tempat. Survey tempat bisa dilakukan ke dealer offline. Hal ini akan memudahkan untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas. Sebaliknya, jika hanya memeriksa ketersediaan via website atau secara online, ada potensi terjadinya penipuan kondisi mobil yang cukup tinggi. Untuk itu, ada baiknya mengecek secara online maupun offline untuk memverifikasi ketersediaan mobil yang ada.

3. Teliti Siapa Penjualnya Sebelum Transaksi

Pembeli mobil bekas harus teliti terhadap identitas penjualnya sebelum melakukan transaksi. Sebab, ada kemungkinan terjadinya penipuan seperti uang dibawa kabur atau kejahatan lainnya.

4. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Tak hanya penjualnya, hal yang perlu mendapatkan pengecekan selanjutnya adalah pada bagian bodi dan eksterior mobil. Perhatikan setiap komponen bodi mobil, apakah masih terlihat dan dapat berfungsi dengan baik. Jangan lupa, perhatikan juga jika ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tak merata. Pastikan semua komponen bodi masih dalam keadaan lengkap. Detail lainnya yang biasanya terlewat adalah pengecekan pada celah bodi dan kondisi ruang mesin serta kolong mobil.

5. Periksa Kondisi Kelengkapan Aksesoris dan Interior Mobil

Selanjutnya, saat akan melakukan pemeriksaan kondisi mobil, mulailah dengan periksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsinya. Misalnya AC, sistem audio, dan switch lampu. Pastikan semua fitur dapat berfungsi dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman.

Setelah itu, perhatikan juga kondisi interior mobil. Coba duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa kondisi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan pula bau interior, apakah interior berbau apek? Jika iya, ini bisa menjadi salah satu indikasi mobil tersebut pernah terkena banjir.

6. Tanyakan Mengenai Performa Mesin

Mesin merupakan salah satu bagian penting dari proses pengecekan mobil. Mengecek performa mesin pada mobil bekas harus dengan cermat dan teliti.

Periksa juga secara menyeluruh, apakah ada kebocoran oli pada blok mesin atau komponen lainnya. Setelah itu, lakukan test drive jika dealer atau penjual meminta calon pembeli untuk mencoba mobil tersebut.

Saat test drive ini perhatikan dengan baik, mulai dari laju kendaraan, tarikan gas, kondisi rem, transmisi, hingga kaki atau per mobil, dengan begitu bisa menilai mobil bekas tersebut masih nyaman atau tidak. Berikut cara mengecek mesin mobil bekas yang perlu diperhatikan saat test drive.

7. Periksa Riwayat Service Kendaraan

Sebelum membeli mobil bekas, sebaiknya tanyakan terkait riwayat service-nya. Sebab hal ini akan mempermudah jika mobil bekas yang dibeli rajin dirawat di bengkel resmi.

8. Teliti Kelengkapan Surat-surat

Surat-surat kendaraan merupakan hal penting yang wajib diperhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan mendapatkan BPKB dan STNK yang asli. Perhatikan dan teliti keaslian BPKB dan STNK mobil bekas tersebut, sebab saat ini banyak sekali beredar surat-surat berharga palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

9. Bawa Mekanik atau Teman yang Ahli Saat Survei

Peran mekanik atau ahli merupakan salah satu tips membeli mobil bekas online maupun offline yang berkualitas. Jika masih pemula dalam dunia otomotif, tidak perlu khawatir saat ingin membeli mobil bekas. Karena, masih bisa membawa mekanik ahli atau teman yang sudah paham mengenai mobil dan komponennya. Dengan keahlian yang dimilikinya, mekanik bisa mendeteksi kondisi mobil bekas tersebut, termasuk jika nantinya akan ada kerusakan atau kekurangan. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengecek mesin mobil bekas.

Itulah informasi seputar 9 tips membeli mobil bekas.

Tag : #mobil bekas    #dealer    #otomotif    #harga    #kualitas   

Baca Juga