Vladimir Putin dan Jack Sweedey

Masih Ingat Jack Sweeney? Remaja Pelacak Jet Pribadi Elon Musk Kini Incar Putin

Wanovy | Teknologi | 04-03-2022

PARBOABOA - Jack Sweeney kembali beraksi, setelah pernah melacak keberadaan jet pribadi bos SpaceX Elon Musk. Kali ini, dia berbuat hal yang sama pada Presiden Vladimir Putin.

Pemuda berusia 19 dari Florida itu dikabarkan sempat menolak tawaran uang sebesar USD 5000 atau sekitar Rp72 juta untuk menghapus akun Twitter yang melacak jet pribadi Elon Musk. Remaja itu justru meminta USD 50.000 atau sekitar Rp719 juta untuk menghapus akun tersebut.

Jack memiliki akun Twitter pribadi @elonjet yang dapat memantau penerbangan jet pribadi milik Musk. Akun itu dikembangkan menggunakan bot, dan memiliki lebih dari 150 ribu pengikut.

Akun itu akan melaporkan kapanpun dan di manapun pesawat akan lepas landas serta mendarat, kemudian ada keterangan durasi setiap perjalanan.

Dalam wawancara dengan Business Insider, Sweeney mengungkap lebih banyak tentang percakapannya dengan Musk di DM Twitter.

Kepada Musk, Sweeney menjelaskan bagaimana caranya melacak pesawat pribadinya dan memberikan saran agar pesawatnya jadi lebih sulit dilacak.

"Bagaimana dengan USD 5k untuk akun ini dan secara umum membantu mempersulit orang gila untuk melacak saya?" tanya Musk kepada Sweeney lewat DM, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (31/1/2022).

Sweeney menjawab: "Sepertinya bisa dilakukan, akun dan semua bantuan saya. Apa bisa dinaikkan menjadi USD 50k?"

Setelah hanya ditawari USD 5.000, Sweeney mengatakan uang itu tidak cukup karena ia sudah mengerahkan banyak tenaga untuk membuat akun Twitter tersebut. Sweeney mengatakan uang USD 50.000 tersebut akan digunakan untuk membiayai uang kuliahnya, sekaligus membeli mobil Tesla 3.

Setelah Sweeney menaikkan tawarannya menjadi USD 50.000, Musk mengatakan ia akan mempertimbangkan tawaran barunya. Tapi sampai saat ini keduanya masih belum deal, sehingga Sweeney memutuskan untuk membeberkan percakapannya dengan Musk ke publik.

Sweeney pertama kali membuka akun @ElonJet pada Juni 2020. Akun itu menggunakan bot untuk mengambil data lalu lintas udara yang tersedia secara publik.

Kini di tengah invasi Rusia ke Ukraina, Sweeney memiliki target baru, yaitu pesawat jet yang berkaitan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan orang penting (VIP) Rusia. Semua hasil pelacakan dilaporkan melalui akun bot di Twitter dengan handle @PutinJet.

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal, Sweeney mengungkapkan bahwa netizen Twitter telah mendesaknya untuk melacak Putin, pasca-serangan Rusia ke Ukraina.

Menanggapi permintaan tersebut, Sweeney mulai melacak nama dan nomor ekor pesawat dari jet yang diyakini milik Putin atau pejabat penting Rusia.

Dalam twit pertama akun bot @PutinJet yang diunggah 26 Februari 2022, jet milik VIP Rusia yang dilacak Sweeney memiliki plat nomor RA-96012, RA-96016, RA-96017, RA-96014, RA-96018, RA-96019, RA-96020, RA-96022, RA-96023, RA-96021, dan RA-96024.

Akun bot yang baru dibuat pada Februari 2022 itu juga memanfaatkan data dari transponder pesawat.

Data yang tersedia untuk umum ini terdiri dari garis bujur, garis lintang, dan ketinggian. Melalui sejumlah twit, akun @PutinJet melaporkan informasi soal aktivitas jet VIP Rusia, termasuk lokasi saat lepas landas dan mendarat, serta estimasi waktu penerbangan.

Akun itu juga menampilkan rute pergerakan jet milik VIP Rusia, dan informasi penerbangan lainnya dari situs ADSBexchange.com.

Dari hasil pelacakan @PutinJet, jet pribadi yang diyakini ditumpangi oleh Presiden Putin atau orang penting Rusia lainnya hanya terbang di dalam wilayah Rusia saja.

"Saya tidak berpikir dia (Putin/VIP Rusia) akan meninggalkan negara itu sekarang,” kata Sweeney dalam sebuah wawancara.

Bot milik Sweeney dilaporkan telah melacak lebih dari 40 pesawat serta helikopter yang diduga milik elite atau miliarder Rusia.

Kendati berhasil melacak pesawat milik orang penting Rusia, Jack Sweeney memperingatkan bahwa laporannya ini tidak 100 persen akurat.

Tag : #jack sweeney    #vladimir putin    #rusia    #ukraina   

Baca Juga