Ilustrasi perbedaan router dan modem

Jangan Salah, Ini Perbedaan Router dan Modem

Wanovy | Teknologi | 01-03-2022

PARBOABOA - Internet adalah salah satu kebutuhan teknologi yang banyak diminati masyarakat saat ini. Bahkan tanpa internet pekerjaan dirasa semakin sulit dilakukan sehingga apa-apa harus menggunakan internet.

Untuk memudahkan koneksi internet, kamu bisa menggunakan modem maupun router. Kedua perangkat ini sebenarnya berbeda, namun banyak yang menganggapnya sama.

Keduanya adalah perangkat yang digunakan agar komputer atau laptop bisa terhubung dengan internet.

Dengan berbagai merek dan juga jenis laptop, notebook maupun netbook, keberadaan modem dan router menjadi semakin mudah didapatkan. Bagi kamu yang ingin bekerja lebih cepat dan lebih mudah, gunakan saja salah satu perangkat tersebut.

Namun, apakah router dan modem itu sama? Keduanya adalah beda, tapi fungsinya memang hampir sama karena dengan menggunakan perangkat tersebut kita bisa menghubungkan komputer, laptop atau notebook dengan internet.

Berikut ini penjelasan mengenai perbedaan router dan modem yang perlu kamu ketahui.

Router

Selanjutnya adalah Router, perangkat yang digunakan untuk menghubungkan sejumlah jaringan komputer dengan mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan ke tujuannya melalui proses routing.

Simpelnya, router merupakan sebuah perangkat untuk menghubungkan beberapa komputer dengan internet. Router juga dapat memudahkan akses LAN antar komputer.

Router membutuhkan modem untuk dapat menghubungkan komputer dengan internet. Cara mengubungkan komputer dengan router pun cukup mudah, via WiFi ataupun via Ethernet.

Router berfungsi untuk membagi atau mendistribusikan IP address baik itu secara static maupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol kepada komputer yang terhubung ke router. Serta menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL atau Digital Subscriber Line.

Modem

Kepanjangan dari modem adalah Modulator demodulator. Ini merupakan sebuah alat yang dapat menghubungkan sebuah perangkat ke jaringan internet melalui saluran telepon, kabel koaksial, atau jenis kabel lainnya.

Modem berfungsi untuk mengubah sinyal yang diterima penyedia layanan internet (internet service provider/ISP) sebagai sinyal analog yang kemudian ditransmisikan ke perangkat komputer.

Setiap modem memiliki Internet Protocol (IP) Address atau alamat IP yang berbeda-beda.  Alamat IP ini berguna sebagai tanda pengenal ketika pengguna ingin mengakses sebuah situs.

Untuk bisa terkoneksi ke jaringan internet, pengguna membutuhkan bantuan aplikasi yang umumnya telah dirancang khusus untuk setiap jenis model modem.

Modem menyediakan dua lubang port, di mana satu port berfungsi sebagai penghubung antara modem ke jaringan internet. Sementara satu port lainnya dapat menghubungkan modem ke perangkat komputer atau router menggunakan jaringan kabel ethernet.

Apa bedanya router dengan modem?

Berikut beberapa perbedaan antara modem dan router:

- Modem memiliki layer berjumlah 2 sedangkan router memiliki layer sebanyak 3.

- Modem merupakan perangkat internet networking sedangkan router merupakan perangkat networking.

- Modem hanya menerima dan mengirimkan data melalui sambungan telepon sedangkan router berfungsi untuk mengarahkan data menuju jaringan.

- Modem hanya bisa digunakan untuk berkoneksi pada satu atau beberapa komputer dan laptop dengan menggunakan sofware atau OS. Sedangkan router bisa terhubung pada beberapa PC melalui Wifi.

- Modem membutuhkan koneksi internet sedangkan router tidak membutuhkan koneksi internet

- Modem tidak memiliki network security sedangkan router memiliki security atau keamanan

Meskipun modem dan router fungsinya berbeda namun keduanya memiliki kesamaan tujuan dan saling mendukung.

Tanpa modem, router tidak bisa terkoneksi dengan internet sedangkan modem bisa terkoneksi dengan internet sekalipun tidak menggunakan router.

Kamu bisa menggunakan modem atau wireless router untuk memudahkan pekerjaan karena hampir semua perusahaan atau instansi menggunakannya. Dengan harga yang terjangkau, modem jauh lebih mudah digunakan dan banyak peminatnya.

Nah, itulah perbedaan router dengan modem yang perlu kamu ketahui. Jadi, jangan salah membedakan ya!

Tag : #wifi    #internet    #modem    #router   

Baca Juga