Putra sulung Ridwan Kamil akan dimakamkan di Indonesia pada Senin 13 Juni 2022 (Dok: liputan6.com)

Ridwan Kamil: Jenazah Eril Bakal Tiba di Tanah Air Pada Minggu 12 Juni

Dimas | Nasional | 10-06-2022

PARBOABOA, Jakarta – Usai ditemukan, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril bakal diterbangkan ke Indonesia dan akan tiba pada Minggu (12/9).

Hal tersebut disampaikan oleh Ridwan Kamil melalui akun Instagram pribadinya, Kamis (9/6). Ia juga menambahkan, jenazah Eril rencanya akan dimakamkan pada senin (13/6).

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di hari Senin," ujar Ridwan Kamil.

Di sisi lain, Dubes RI untuk Swiss, yakni Muliaman Hadad bakal pastikan jenazah Eril akan diperlakukan sesuai syariat Islam.

"KBRI memastikan bahwa penghormatan kepada Eril terpenuhi dalam syariat Islam," ujar Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6).

Muliaman menyebutkan bahwa pihaknya juga bakal terus mendampingi seluruh keluarga Ridwan Kamil selama berada di Swiss untuk mengurus segala keperluan pemulangan jenazah Eril.

Ia pun menuturkan, saat ini pihak Kepolisian Bern tengah menyerahkan berkas-berkas terkait penyerahan jenazah Eril kepada keluarga ke pengadilan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, jenazah Eril kini sudah berada di Insel Hospital untuk disemayamkan.

Kemudian, setelah diproses hingga dibersihkan sesuai syariat Islam, jenazah Eril akan langsung diterbangkan ke Indonesia untuk dimakamkan oleh pihak keluarga.

Sebelumnya, putra sulung Ridwan Kamil yang dinyatakan hilang saat berenang di Sungai Aere pada 26 Mei lalu, berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Rabu (8/6) di Bendungan Engehalde, Bern, pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau pukul 11.50 WIB.

Usai ditemukan, pihak kepolisian Bern pun langsung melakukan tes DNA untuk memastikan bahwa jenazah tersebut adalah Eril.

"Pada Kamis 9 Juni 2022 siang waktu Swiss pihak kepolisian konfirmasi bahwa hasil DNA adalah Eril," kata Muliaman Hadad selaku Dubes RI untuk swiss dalam pernyataan resminya, Kamis (9/5) malam.

Tag : #emmeril kahn mumtadz     #sungai aere     #internasional    #eril ditemukan     #ridwan kamil    #anak ridwan kami meninggal   

Baca Juga