Joe Biden serahkan kekuasaan sementara kepada Wakil Presiden Kamala Haris

Joe Biden Serahkan Kekuasaan ke Wakil Presiden Kamala Harris

rini | Internasional | 20-11-2021

PARBOABOA, AS - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyerahkan kekuasaannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris pada Jumat (19/11) waktu setempat. Penyerahan kekuasaan ini dilakukan karena presiden akan menjalani pemeriksaan fisik tahunannya dan akan berada di bawah pengaruh obat bius.

Setiap presiden di AS memang diwajibkan melakukan pemeriksaan rutin setiap tahunnya. Presiden As sebelumnya Dick Cheney juga beberapa kali menyerahkan kekuasaan sementara kepada wakilnya, saat menjalani pemeriksaan. Kemudian Presiden George W. Bush juga melakukan hal yang sama saat menjalani pemerisaan kesehatan pada tahun 2002 dan 2007 lalu.

Pemeriksaan kesehatan ini, menjadi yang pertama kalinya dilakukan Biden setelah menjabat menjadi presiden Amerika. Biden tiba di Walter Reed Medical Center pada Jumat pagi. Biden bersemangat dan tetap berada di fasilitas kepresidenan di RS Walter Reed untuk menyelesaikan pemeriksaan fisiknya.

Kantor pers Gedung Putih mengatakan surat resmi kepada Kongres yang menyatakan pemindahan kekuasaan sementara dikirim pada pukul 10.10 (1510 GMT), sebelum Biden dibius.

Penyerahan kekuasaah hanya berlangsung selama 1 jam 25 menit. Joe Biden kembali mengambil alih kekuasaannya. Walaupun sebentar, Harris menjadi wanita pertama yang memegang kekuasaan presiden di Amerika Serikat. Dia juga mencetak sejarah sebagai wakil presiden wanita pertama.

"Presiden melanjutkan tugasnya pada pukul 11.35," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan seperti dikutip AFP, Sabtu (20/11).

Seperti diketahui Joe Biden yang berusia 79 tahun merupakan orang tertua yang menjabat sebagai Presiden Amerika. Biden mengalahkan Donald Trump pada pemilu yang berlangsung pada Desember 2021 lalu.

Tag : #joe biden    #presiden as    #harris kamala    #biden serahkan kekuasaan    #internasional   

Baca Juga