Terbukti Melakukan Pelanggaran Finansial, Juventus Dihukum Pengurangan 15 Poin

Penulis : Michael | Sepakbola | 21-01-2023

Juventus dikenai sanksi pengurangan 15 poin setelah Pengadilan Banding Federal telah menerima permintaan Penuntut FIGC untuk membuka kembali persidangan olahraga melawan Juventus atas dugaan pemalsuan laporan keuangan. (Foto: Football Italia)

PARBOABOA – Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) memastikan bahwa poin milik Juventus di klasemen Liga Italia 2022/2023 resmi dikurangi sebanyak 15 poin. Juventus dinyatakan bersalah dalam pelanggaran finansial.

Sebelumnya, pada November 2022, para petinggi Juventus dan seluruh anggota dewan klub mengundurkan diri dari posisinya. Ada indikasi seluruh orang yang mundur tersangkut kasus finansial yang menimpa Juventus.

Indikasi tersebut kemudian diperiksa oleh pihak kepolisian setempat. Kasusnya pun sampi bisa dibawa ke pengadilan setelah melalui pemeriksaan dari kejaksaan.

Hasilnya, Pengadilan Banding Federal memutuskan untuk menghukum Juventus dengan pengurangan poin dan hukuman terhadap sebelas petinggi Juventus.

Pernyataan Resmi FIGC

FIGC sendiri telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait sanksi untuk Juventus. Bunyi pernyataan resminya begini:

“Pengadilan Banding Federal yang dipimpin oleh Mario Luigi Torsello telah menerima sebagian banding dari Kantor Kejaksaan Federal... memberikan sanksi kepada Juventus dengan 15 poin penalti untuk diberikan pada musim sepak bola saat ini,

“Dan dengan serangkaian larangan untuk 11 eksekutif Juventus (30 bulan untuk Paratici, 24 bulan untuk Agnelli dan [Maurizio] Arrivabene, 16 bulan untuk [Federico] Cherubini, delapan bulan untuk Nedved, [Paolo] Garimberti, [Enrico] Vellano, [Assia] Venier, [Caitlin] Hughes, [Daniela] Marilungo dan [Francesco] Roncaglio)”.

Juventus Diperbolehkan Mengajukan Banding

Sebelumnya, kejaksaan memutuskan Juventus telah bersalah atas sejumlah pelanggaran keuangan. Klub sukses menyelamatkan uang sebesar 90 juta Euro dari membayar gaji pemain.

Kasus ini sendiri terjadi selama masa pandemi lalu. Juventus dicurigai karena melakukan pengurangan gaji para pemainnya yang dianggap tidak wajar.

Sanksi ini sendiri masih bisa diajukan banding oleh Juventus. Tidak dijelaskan secara detail kapan batas banding tersebut.

Juventus Turun Posisi

Sementara itu, sanksi yang sudah ditetapkan langsung berlaku ke papan klasemen. Alhasil, Juventus yang awalnya mengumpulkan 37 poin, sekarang hanya memiliki 22 poin.

Pengurangan poin itu berdampak signifikan pada posisi Bianconeri di klasemen. Dari yang awalnya di posisi tiga, kini langsung berada di posisi sepuluh klasemen sementara.

Editor : -

Tag : #liga italia    #juventus    #sepakbola    #pelanggaran finansial    #FIGC   

Baca Juga