Makan dan Minum di Kafe Medan Bisa Bayar Pakai Sampah (Poskota)

Unik, Kafe di Medan Bisa Bayar Makanan Pake Sampah

Sarah | Daerah | 21-03-2022

PARBOABOA, Medan - Tahukah kamu ada kafe yang bisa di bayar tanpa uang tunai? Hal ini tentu menjadi angin segar bagi sejumlah orang yang ingin menghemat keuangannya.

Salah satu kafe yang berada di Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat menawarkan pilihan pembayaran dengan cara yang unik. Di kafe ini pengunjung bisa membayar makanan hanya dengan menukarkan sampah.

Camat Medan Barat, Linik didampingi oleh Lurah Sei Agul, Muhammad Aidiel Putra Pratama menjelaskan bahwa langkah ini merupakan upaya penumbuhan kesadaran bagi masyarakat akan nilai sampah.

"Ini salah satu upaya kita dalam menangani sampah di wilayah Kecamatan Medan Barat, sekaligus menumbuhsuburkan kesadaran warga kita bahwa sampah juga mempunyai nilai ekonomis," jelas Linik, Senin (21/3/2022).

Linik menerangkan, program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution adalah untuk mengurangi volume sampah. Maka, untuk mencapai tujuan dari program ini diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Program yang sedang diusung oleh Wali Kota Medan ini terwujud oleh jalinan kolaborasi antara Kecamatan Medan Barat, star up Kepul, dan pengusaha kafe "Janji Rasa" yang berlokasi di Jalan Karya Dame, Kelurahan Sei Agul. 

"Masyarakat dapat membawa sampahnya ke kantor Lurah Sei Agul setiap hari. Selanjutnya petugas dari Kepul akan menilai sampah tersebut dan memberikan voucher yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran di Kafe Janji Rasa setiap hari Sabtu dan Minggu," terangnya.

Ia menyebut, kolaborasi ini juga dilakukan untuk memecahkan masalah keterbatasan tempat pembuangan sampah di wilayah Kecamatan Medan Barat. Karena, sampah yang dibawa masyarakat ke Kantor Kelurahan Sei Agul akan langsung dibawa ke gudang Kepul.

"Artinya, sampah itu tidak menginap di kantor lurah, namun langsung dibawa oleh Kepul ke gudang penyimpangan mereka," ucapnya.

Dijelaskan, kolaborasi penanganan sampah ini juga akan dikembangkan ke kelurahan-kelurahan lain di Kecamatan Medan Barat.

"Kita juga akan memperluas jaringan kolaborasi, bukan hanya dengan kafe-kafe lain dan juga swalayan-swalayan yang ada di Medan Barat," tukasnya.

Tag : #camat medan barat    #sampah    #daerah    #wali kota medan    #berita sumut   

Baca Juga