Ilustrasi Pemadaman Api

Kebakaran Pabrik Picu Ledakan di Thailand

rini | Internasional | 05-07-2021

Sebuah pabrik penghasil biji plastik dan busa di Distrik Bang Phli, Provinsi samut Prakan, Bangkok, Thailand terbakar† pada senin (05/07), pukul 03.00 waktu setempat. †Di dalam pabrik itu terdapat ribuan liter bahan kimia yang mudah terbakar yang memicu ledakan.

Media lokal Thailand menyebutkan bahwa terdapat lima atau enam gudang di kompleks pabrik tersebut dan sekitar 50 ton bahan kimia disimpan di sana.

Selain melalap seluruh pabrik, insiden ini juga menyebabkan rumah-rumah warga disekitar lokasi kejadian rusak parah. Otoritas setempat pun memerintahkan evakuasi dilakukan pada penduduk area 5 kilometer dari lokasi kejadian. Pusat-pusat evakuasi juga didirikan di sekolah dan kantor pemerintah.

Getaran akibat ledakan itu dilaporkan sampai mengguncang bandara Suwarnabhumi dan memicu alarm peringatan bahaya. Namun, kejadian itu tidak mengganggu jadwal penerbangan.

Media-media lokal termasuk Bangkok Post melaporkan bahwa sedikitnya 21 orang mengalami luka-luka dalam insiden tersebut. †Lebih dari 30 kendaraan pemadam dari Rachathewa dan wilayah lainnya dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut. Asap hitam pekat tampak membubung ke angkasa dari lokasi pabrik.

Beberapa jam usai ledakan atau pada Senin (5/7) subuh waktu setempat, departemen pemadam kebakaran setempat menyebut api berhasil dikendalikan namun kebakarannya belum sepenuhnya dipadamkan. Satu gudang dilaporkan masih dilalap api.

Relawan pekerja penyelamat Anyawut Phoampai mengatakan "Kami sedang berusaha mencari korban luka. Tapi kobaran apinya cukup besar sehingga butuh usaha yang cukup keras," ujar Phoampai, seperti dimuat†ABC News

Sampai saat ini belum diketahui penyebab kebakaran ini. Dan pengelola pabrik belum memberikan pernyataan terkait kebakaran ini.†

Tag : #internasional   

Baca Juga