Kemendikbudristek Bakal Gelar Sosialisasi Masuk PTN Besok, Cek Info Selengkapnya

Penulis : Juni | Pendidikan | 30-11-2022

Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 (Foto: Kemendikbudristek)

PARBOABOA, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal menggelar konferensi pers Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 besok, Kamis (1/12/2022).

Dalam konferensi pers itu, Kemendikbudristek secara resmi akan meluncurkan sistem SNPMB tahun 2023 yang akan mengalami perubahan skema dari tahun-tahun sebelumnya.

"Tanggal 01 Desember 2022 akan menjadi momen penting bagi seluruh Calon Mahasiswa Indonesia karena Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 akan resmi diluncurkan," tulis akun resmi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP) yang menggantikan peran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pada sosialisasi sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menjelaskan bahwa SNPMB 2023 masih akan digelar lewat tiga jalur, namun skemanya berbeda.

Pertama, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN). Kedua, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBT) sebagai pengganti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dan yang terakhir Seleksi Mandiri PTN.

Dalam skema baru, dijelaskan bahwa siswa akan diberikan kesempatan untuk memilih program studi (prodi) atau jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakatnya. Dengan kata lain, ada kemungkinan untuk lintas jurusan kuliah, namun tetap mengikuti kebijakan tiap prodi dan PTN pilihan.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, Kemendikbudristek mengajak mahasiswa dan calon mahasiswa untuk menyimak konferensi pers yang akan digelar secara online dan daring pada 1 Desember 2022 pukul 13.00 WIB lewat akun Instagram @ _snpmbbppp maupun Youtube @snpmbbppp.

Editor : -

Tag : #seleksi masuk ptn    #kemendikbudristek    #pendidikan    #snpmb    #mahasiswa   

Baca Juga