Ken Zuraida saat menerima penghargaan dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Ruang Kerja Ketua MPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Ken Zuraida, Istri WS Rendra Meningggal Pagi Tadi di RS Antam Medika

maraden | | 09-08-2021

PARBOABOA Kabar duka menyelimuti dunia teater Tanah Air. Ken Zuraida, istri dari sastrawan dan budayawan WS Rendra, meninggal dunia tadi pagi, Senin (9/8/2021) sekitar pukul 09.00 WIB.

Istri budayawan WS Rendra itu tutup usia di umur 67 tahun.

Maryam Supraba, anak dari Rendra dan Ken menyampaikan kabar duka itu lewat cuitan di akun twiternya.

"Innailaihi wa inna ilaihi roji'uun. Telah meninggal dunia adik/kakak/ibu/eyang kami tercinta, Ibu Ken Zuraida bt Edi Suardi pada hari Senin pukul 08.57 di RS Antam Medika," tulis keterangan Maryam Supraba.

Dalam cuitannya itu, Maryam Supraba juga meminta kepada kerabat terdekat dan orang-orang yang mengenal ibunya agar mendoakan sang almarhumah.

"Mohon maaf atas segala kesalahan almarhumah baik yang disengaja atau tidak sengaja. Allahummagfirlaha warhamha wa'afihi wa'fu anha. Semoga amal ibadah almarhumah diterima, diampuni dosa2nya, dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT," tulisnya lagi.

Pihak keluarga menyatakan jenazah mendiang Ken Zuraida akan dimakamkan di Bengkel Teater Rendra, hari ini.

"Pemakaman di Bengkel Teater Rendra, Cipayung, Depok, Jawa Barat, ba'da ashar," tulis Maryam Supraba, dalam Instagram pribadinya.

Sebelum meninggal, Ken Zuraida sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Ken Zuraida dikenal sebagai sutradara teater yang aktif di bengkel teater sejak 1974 sampai sekarang. Pada 1986, Ken Zuraida menjadi artistik panggung Panembahan Reso yang saat itu sangat sukses dan menjadi pembicaraan nasional.

Di tahun 2002, bersama suaminya, WS Rendra, mereka membuat International Puisi Indonesia dan tur mengelilingi Malaysia, Belanda, Jerman, Austria, Palestina, dan Maroko.

Sepeninggal suaminya WS Rendra pada 6 Agustus 2009, Ken Zuraida juga masih melanjutkan pertunjukan-pertunjukan di Bengkel Teater Rendra sebagai produser dan sutradara.

Pertunjukan terakhir yang diproduseri Ken Zuraida salah satunya adalah pementasan ulang karya Panembahan Reso, karya suaminya, WS Rendra  pada Januari 2020 yang digelar di Ciputra Artpreneur Theater.

Tag : tokoh,artis,metropolitan,nasional

Berita Terkait