Obor Pekan Special Olympic Nationale (Pesonas) 2022 akan diarak mengelilingi 42 kota dan kabupaten di pulau Jawa.

Usai resmi diluncurkan Ganjar Pranowo, kirab obor PeSONas akan diarak keliling Pulau Jawa

Maraden | Olahraga | 10-12-2021

PARBOABOA, Solo – Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) yang akan digelar pada Juli 2022 di Solo, Jawa Tengah resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Dalam acara peluncuran yang digelar di stadion Manahan Solo tersebut, Ganjar mengungkapkan bahwa pemerintah memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk meraih prestasi khususnya dalam bidang olahraga.

"Lewat ajang ini, pemerintah hadir memberi ruang yang sama dan melayani mereka untuk memiliki kemandirian dan menunjukkan prestasi, selayaknya anak-anak normal lainnya" ungkap Ganjar, Kamis (9/12/2021).

Dia memaparkan, Pesonas 2022 ini adalah salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada atlet bertalenta khusus. Sebab, para atlet yang merupakan pemuda dan pemudi dengan kebutuhan khusus ini akan mengharumkan nama Indonesia di ajang Olahraga Internasional. Sekaligus, Pesonas 2022 juga diharapkan bisa membentuk atlet baru dengan talenta khusus.

Pesonas 2022 nantinya bisa menciptakan atlit bertalenta khusus yang akan dikirim dalam event Special Olympic World Summer Game (SOWSG) di Kota Berlin, Jerman pada Tahun 2023 mendatang.

Di kesempatan yang sama juga dilakukan pengarakan atau kirab obor penanda Pekan Special Olympic Nationale (Pesonas) 2022 yang akan diarak mengelilingi 42 kota/kabupaten di pulau Jawa.

Obor raksasa itu dinyalakan menggunakan api dari Api Abadi yang ada di kawasan wisata Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

"Api sudah menyala dan Obor akan diarak atau kirab Obor ke 42 Kota dan Kabupaten di Pulau Jawa. Awal api diambil dari Api Abadi Mrapen dan keliling ke 42 Kota atau Kabupaten hingga ke Jakarta dan berakhir di Kota Semarang," jelas Wakil Gubernur, Taj Yasin Maimoen usai menyalakan Obor menggunakan Api Abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Kamis (9/12/2021) malam.

Obor Pesonas tersebut dibawa dengan menggunakan mobil pikap yang diiringi mobil patroli

Obor yang menyala itu juga disertai sejumlah lampu damar minyak tanah yang jug dibawa bersama obor Pesonas mengelilingi Pulau Jawa.

Tag : #pesonas 2022    #pekan special olympic nationale    #olimpiade    #solo    #jawa tengah   

Baca Juga