Potret kondisi Kabupaten Madina saat ini.

Lambatnya Pemerintah Dalam Menangani Banjir di Mandailing Natal

sondang | Daerah | 18-08-2021

PARBOABOA, Madina Banjir melanda empat desa di Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara yaitu Desa Hutapuli, Hutaraja, Sibaruang, dan Desa Sihepeng Sada pada Jumat (13/8).

Hal ini disebabkan oleh tingginya curah hujan yang melanda kecamatan itu dalam beberapa hari terakhir yang mengakibatkan anak sungai di Desa Sibaruang meluap serta tersumbatnya drainase di sepanjang jalan protokol lintas Sumatera Desa Hutapuli.

Ratusan warga terpaksa mengungsi kerumah kerabat karena pemukiman penduduk terendam banjir dan ketinggian air mencapai 60 cm.

Data sementara ada 210 rumah yang terendam, dan seratusan keluarga terpaksa mengungsi, sedangkan korban jiwa tidak ada.

Namun, Hingga hari keenam pascabencana banjir para mengeluh belum mendapat perhatian dan bantuan dari pemerintah.

Padahal jembatan sudah rusak dan saluran anak sungai dipenuhi oleh material banjir yang membuat sungai menjadi dangkal serta puluhan rumah mengalami rusak ringan.

Akibat mendangkalnya sungai tersebut para warga khususnya yang bermukim di sepanjang bantaran sungai tersebut kini menjadi resah karena takut terjadi banjir susulan.

Dari data sementara, ada 210 rumah yang terendam, dan seratusan keluarga terpaksa mengungsi, sedangkan korban jiwa tidak ada.

Kades menyebut, akibat banjir itu juga telah mengakibatkan dua unit rumah rusak berat dan sekitar 50 rumah warga mengalami rusak ringan.

Camat Siabu, Ali Himsar Nasution mengaku bahwa Ia sudah menyampaikan laporannya kepada Pemerintah Kabupaten Madina untuk penanganan pasca banjir yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Siabu itu.

Kami sudah membuat laporan sejak kemarin agar diturunkan alat berat menangani paska banjir, karena ada dua unit jembatan di Sihepeng yang mengalami kerusakan. Tentu saja warga khawatir karena setiap hari turun hujan, sebutnya.

Atas kondisi ini para warga mengharapkan kepada pemerintah agar segera melakukan pengerukan sungai yang ada di desa itu sehingga warga bisa menjadi tenang.

Tag : #bencana-alam    #daerah    #nasional   

Baca Juga