Lalisa Manoban yang baru saja debut sebagai solois

Pecahkan Rekor, Lisa Blackpink Raih Sejumlah Prestasi Gemilang Usai Debut Solo Lalisa

rini | Hiburan | 29-10-2021

PARBOABOA, Korsel – Siapa yang tidak mengenal Lisa Manoban? Rapper cantik yang merupakan salah satu anggota girl grup BLACKPINK. Pemilik nama asli Lalisa Manoban ini baru saja debut sebagai solois dengan merilis single album pertama bertajuk LALISA pada 10 September 2021. Album ini berisi dua buah lagu, lagu pertama berjudul Money dan lagu utamanya berjudul LALISA.

Perilisan album ini ternyata sangat diminati oleh penggemar, terlihat dari prestasi yang diraih Lisa usai melangsungkan debutnya. Bahkan, album ini sudah meraih banyak prestasi yang sangat mengesankan sebelum perilisannya. Setelah dirilis, album ini meledak dan prestasi pun tidak pernah berhenti mengalir.

Salah satunya, Lisa mampu mengumpulkan banyak penonton dalam waktu yang cepat dengan video musik solo LALISA. Hal tersebut diungkapkan pada 27 Oktober 2021 pukul 3:46 sore KST, video musik milik Lisa BLACKPINK yang berjudul LALISA telah berhasil memperoleh sebanyak 300 juta tampilan di YouTube.

Selain itu, ada lima prestasi lainnya yang berhasil diraih Lisa usai melangsungkan debut soloya. Penasaran? Yuk simak kelanjutannya!

1. Lisa jadi solo wanita pertama yang berhasil meraih Half-Million Seller

Selama minggu pertama penjualan, yang berlangsung dari 10-16 September 2021, album Lisa "LALISA" telah meraih total 736.221 eksemplar, yang menandai rekor baru untuk penjualan minggu pertama tertinggi oleh artis K-Pop wanita mana pun dalam sejarah Hanteo.

 

Ini juga menjadikan Lisa artis solo wanita pertama yang meraih half-million seller untuk penjualan album minggu pertama. Hanteo Chart menyatakan mereka akan mengeluarkan Sertifikat Emas yang menunjukkan jumlah penjualan Initial Chodong [minggu pertama rilis] lebih dari 500.000 copy

Lisa tak hanya memecahkan rekor penjualan album minggu pertama di antara semua artis wanita K-Pop, ini juga menandai penjualan album minggu pertama ke-15 tertinggi dalam sejarah Hanteo.

Di antara artis wanita, tiga peringkat teratas saat ini dipegang oleh Lisa, BLACKPINK dan Rosé, yang menunjukkan popularitas grup tersebut.

2. Lisa menjadi artis wanita K-pop yang masuk ke chart Billboard Hot 100 dengan lagu Lalisa

Lewat single solonya "LALISA", Lisa berhasil masuk ke tangga lagu Billboard Hot 100. Prestasi ini tentu sangat membahagiakan terutama bagi para penggemar yang sudah menantikan debut solo Lisa.

Melansir Twitter, Billboard mengumumkan bahwa LALISA masuk ke Hot 100 Billboard dan langsung berada di peringkat ke 84 pada 20 September 2021. Capaian ini menambah prestasi BLACKPINK setelah On the Ground milik Rose masuk di nomor 70 di awal tahun 2021.

Tak hanya itu saja, LALISA ternyata juga masuk ke chat Global 200 dan Global Exclude AS. Bahkan lagu tersebut sempat menempati peringkat 2 selama seminggu usai perilisan. Secara resmi, gadis berusia 24 tahun tersebut bergabung dengan Rose, BLACKPINK, Wonder Girls, dan CL sebagai artis wanita K-pop dalam sejarah yang masuk ke chart Billboard Hot 100.

3. Lagu Money juga puncaki Billboard Rap Digital Songs Sales

Tidak hanya lagu utamanya saja, tapi lagu b-side berjudul Money juga meraih prestasi yang luar biasa. Lagu tersebut bertengger di posisi puncak dalam chart Billboard Rap Digital Songs Sales.

Selain itu, Money juga berada di posisi kedua Hot R&B/Hip-Hop Digital Songs Sales, peringkat 8 di Digital Songs Sales, urutan 24 Global 200 Excl US, dan peringkat 44 Global 200. Dengan pencapaian ini, mengukuhkan Lisa sebagai idola K-pop Wanita Pertama yang berhasil menduduki puncak chart Billboard Rap Digital Songs Sales dalam sejarah sebagai Rap Song Terlaris di US bergabung dengan AgustD (Suga BTS).

4. Lisa Blackpink berhasil memecahkan dua Guinness World Record

Lisa Blackpink berhasil memecahkan dua Guinness World Records atau rekor dunia lewat lagu debut solonya, Lalisa . Pencapaian ini telah diumumkan Guinness World Records pada Jumat, 8 Oktober 2021. Dilansir dari Soompi, Sabtu (9/10), satu rekor yang berhasil Lisa pecahkan adalah Video Musik Artis Solo Paling Banyak Dilihat dalam 24 Jam.

Video musiknya berhasil mendapatkan 73,6 juta penonton di YouTube dalam waktu 24 jam, pencapaian Lisa ini sukses menyalip single ME! karya Taylor Swift dan Brendon Urie yang meraup 65,2 juta penonton pada tahun 2019 lalu.

Rekor kedua yang berhasil dipecahkah Lisa adalah Video Musik Artis K-Pop Solo Paling Banyak Dilihat dalam 24 Jam. Di mana rekor ini melampaui anggota Blackpink lainnya, Rose saat debut solo lewat lagu On The Ground.

Guinness World Records mencatat girl group asuhan YG Entertainment itu hingga kini secara kolektif berhasil memecahkan sekitar lima rekor dalam buku Guinness World Records.

5. Lagu LALISA dan Money raih 100 juta streaming di Spotify

Prestasi paling terbaru yang berhasil diraih Lisa adalah lagu "Lalisa" dan "Money" kini telah distreaming sebanyak 100 Juta kali pada platform Spotify. Dengan perolehan jumlah streaming ini menjadikan Lisa sebagai artis solo K-Pop pertama yang mendapatkan rekor ini.

Pada 18 Oktober, YG Entertainment membagikan bahwa "MONEY" Lisa telah melampaui 100 juta streaming di Spotify.

Prestasi tersebut dicapai hanya dalam 37 hari sejak lagu tersebut pertama kali dirilis pada 10 September, menjadikan “MONEY” sebagai lagu tercepat oleh artis solo K-pop yang mencapai 100 juta streaming Spotify.

Rekor ini pertama kali Lisa peroleh lewat lagu "Money" yang telah lebih dahulu mendapat 100 Juta Streaming, kemudian disusul dengan lagu "Lalisa" yang kini memperoleh 100 Juta Streaming juga setelah 46 hari sejak pertama dirilis.

Tag : Hiburan, Lisa, Lisa Manoban, Blackpink

Berita Terkait