PT KAI uji coba dua Kereta Panoramic (Foto: KERETA API KITA)

Segera Beroperasi Tahun Ini, PT KAI Luncurkan Kereta Panoramic

Anna Aritonang | Metropolitan | 27-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berinovasi dengan meluncurkan kereta panoramic pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan sunroof. Kereta yang satu ini merupakan hasil modifikasi dari dua unit kereta eksekutif yang dulu pernah beroperasi sebelumnya, yakni unit K109916 dan K100111.

Vice President Public Relation KAI, Joni Martinus mengatakan, peluncuran kereta panoramic ini sebagai upaya PT KAI untuk meningkatkan layanan pada penumpang. Pihaknya ingin agar penumpang bisa menikmati perjalanan kereta api dengan penuh kesan.

"Kami ingin penumpang bisa menikmati panorama selama perjalanan dengan maksimal. Tempat duduk tidak hanya bisa diputar depan dan belakang, tapi juga bisa menyamping," kata Joni dalam keterangannya, Senin (26/09/2022).

Pihaknya merasa bahwa, pemandangan selama perjalanan naik kereta api sangat luar biasa indah. Seperti area persawahan, pegunungan, terowongan, perbukitan bahkan laut sangatlah indah. Sehingga, sayang jika diabaikan begitu saja.

"Dan perjalanan ini kami eksplore lebih dalam agar berkesan. Nanti akan ada amazing trip. Ini bagian upaya kita untuk meningkatkan layanan. Kita ingin jadikan perjalanan kereta penuh panoramic," imbuh Joni.

Terkait operasional, Joni masih belum bisa memastikan. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan penyempurnaan. Pihaknya juga sudah melakukan uji dinamis dan sudah berjalan dengan baik

"Nanti tunggu tanggal mainnya (peluncurannya). Harapan kita semakin cepat semakin baik. Kita sudah ada dua gerbong (kereta panoramic) dan akan kita tambah satu lagi menjadi tiga," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Niaga PT KAI Persero, Hadis Surya Palapa mengatakan, kereta panoramic akan diluncurkan dalam waktu dekat, yakni dalam satu sampai dua bulan ke depan.

"Kami tidak ingin buru-buru tapi nanti hasilnya malah tidak maksimal. (Jadi) kami siapkan mudah-mudahan pada satu atau dua bulan ke depan sudah bisa diluncurkan, jadi mohon bersabar," kata Hadis dalam keterangannya saat ditemui di acara KAI Expo di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (17/09/2022).

Tag : #pt kai    #kereta panoramic    #metropolitan    #kai panoramic   

Baca Juga