Mohamed Salah terpilih sebagai pemain terbaik versi FWA 2021/2022 (Foto: Skysports.com)

Mohamed Salah Terpilih Sebagai FWA Player of the Year 2021/2022

Michael | Sepakbola | 30-04-2022

PARBOABOA – Superstar Liverpool Mohamed Salah baru saja terpilih sebagai pemenang penghargaan FWA Player of the Year 2021/2022.

FWA Player of the Year merupakan penghargaan pemain terbaik versi jurnalis di Inggris. Mohamed Salah terpilih sebagai pemenang setelah mendapatkan 48 persen suara. Ia berhasil mengungguli bintang Manchester City, Kevin de Bruyne dan kapten West Ham, Declan Rice.

Salah memang pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Pemain asal Mesir ini tampil impresif dibandingkan pemain lainnya di Liga Inggris musim ini.

Sejak awal, Salah sudah bermain memukau. Di laga pertama dia berhasil mencetak satu gol dan dua assist melawan Norwich City. Dan saat ini meski jarang membuat gol, ia berhasil memuncaki daftar top skor dengan koleksi 22 gol di Liga Inggris musim ini.

Tak hanya itu, Salah juga memimpin daftar perolehan assist terbanyak sementara di Liga Inggris dengan raihan 13 assist. Semua itu ia torehkan dalam 31 pertandingan saja.

Pengumuman Resmi FWA

Pengumuman kemenangan Mohamed Salah dalam penghargaan FWA Player of the Year ini diumumkan pada Jumat, 29 April 2022. Namun saat ini ia belum menerima penghargaan tersebut secara langsung.

Salah akan menerima penghargaan tersebut dalam seremoni khusus pada tanggal 5 Mei 2022 mendatang. Tak hanya Salah, FWA juga memberikan penghargaan kepada pemain terbaik perempuan yang dimenangkan striker Chelsea Women FC, Samantha Kerr.

Samantha Kerr merupakan penyerang andalan tim wanita Chelsea FC dan timnas wanita Australia. Dalam Piala Asia Wanita 2022, Samantha Kerr berhasil membobol lima kali gawang timnas wanita Indonesia.

Baca Juga: Cetak Lima Gol, Samantha Kerr Menjadi Mimpi Buruk Timnas Indonesia di Piala Asia 2022

"@mosalah adalah Pemain Terbaik Tahun Ini untuk kedua kalinya, dan @samkerr1 telah terpilih sebagai Pemain Terbaik Wanita Tahun Ini. Selamat kepada para striker @LFC dan @ChelseaFCW. Penghargaan akan diberikan pada tanggal 5 Mei saat makan malam tahunan kami,” tulis The FWA dalam rilis resminya melalui akun twitter, @theofficialfwa.

Mohamed Salah Unggul Dari Kevin de Bruyne dan Declan Rice

Ada banyak nama yang masuk dalam nominasi penghargaan pemain terbaik versi para jurnalis di Inggris ini. Selain Mohamed Salah, ada Kevin de Bruyne dan Declan Rice.

Para pemain ini dipilih berdasarkan sistem voting. Salah mendapatkan 48 persen suara. Sementara playmaker Manchester City De Bruyne ada di posisi kedua dan kapten West Ham, Rice, ada di posisi ketiga.

Sementara itu, Sam Kerr juga mendominasi di sektor Women’s Footballer of the Year. Ia unggul atas pemain Arsenal Vivienne Miedema dan pemain Manchester City Lauren Hemp.

Tahun ini, khusus voting Women’s Footballer of the Year, semua anggota FWA mendapatkan akses penuh untuk memberikan suaranya. Sebelumnya pemberian suara diserahkan pada panel yang berisikan tim ahli.

Pernyataan FWA Tentang Mohamed Salah dan Samantha Kerr

Ketua FWA, Carrie Brown, mengatakan penghargaan itu diberikan pada Mohamed Salah dan Sam Kerr karena alasannya jelas. Mereka tampil luar biasa bagi Liverpool dan Chelsea Women di sepanjang musim ini.

“Baik Mo dan Sam luar biasa musim ini, memecahkan rekor untuk klub dan negara. Selain penampilan mereka di lapangan, mereka adalah pemimpin dan pembawa standar keunggulan di klub dan liga masing-masing," tuturnya pada situs resmi FWA.

“Fakta bahwa mereka telah menang dengan margin yang meyakinkan menggarisbawahi betapa mengesankannya mereka musim ini yang telah diakui oleh anggota kami.”

Sementara itu bagi Mohamed Salah, penghargaan Football Writers’ Association Footballers of the Year ini adalah penghargaan kedua yang ia terima di sepanjang kariernya bersama Liverpool. Sebelumnya ia meraihnya pada musim 2017-18.
 

Tag : #mohamed salah    #samantha kerr    #sepakbola    #fwa player of the year    #liga inggris    #liverpool    #chelsea   

Baca Juga