Mushola modern minimalis, foto: Pinterest

10 Inspirasi Desain Mushola Modern Minimalis di Dalam Rumah

Wanovy | Rumah | 21-05-2022

PARBOABOA - Salat lima waktu merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh seluruh umat Islam. Menjalankannya pun membutuhkan kekhusyukan.

Maka itu ada beberapa orang yang memilih untuk membuat mushola modern agar ibadah mereka berjalan lancar.

Negara Indonesia memiliki penduduk yang mayoritas beragama islam. Keberadaan ruang salat dalam rumah maupun tempat umum adalah hal yang penting dan sangat vital.

Apakah kamu pun tengah mempertimbangkan untuk membuat mushola modern di dalam rumah?

Kalau iya, yuk langsung saja simak desain mushola modern minimalis yang sudah Parboaboa.com siapkan dibawah ini!

1. Mushola modern dengan dekorasi dari material alami

Dekorasi ruangan yang berasal dari material alami seperti kayu dan bebatuan akan membuat mushola modern dalam rumahmu semakin nyaman untuk digunakan beribadah.

Kedua material tersebut menekankan konsep modern tanpa menghilangkan atmosfer familiar dalam ruangan.

Umumnya, dekor ruangan berbahan dasar kayu yang digunakan untuk mushola minimalis modern berupa pembatas ruangan, kabinet, sebuah bingkai foto serta hiasan dinding lainnya. Sedangkan dekorasi dari bebatuan biasaya digunakan sebagai hiasan meja.

2. Musholla terbuka di ruang bawah tangga

Memanfaatkan ruangan di bawah tangga memang menjadi hal yang sangat disukai pemilik rumah minimalis modern berlantai dua.

Biasanya ruangan ini digunakan sebagai tempat menyimpan berbagai barang. Tapi justru kesan rumah menjadi tidak rapi. Jadi daripada seperti itu, lebih baik dialihfungsikan sebagai musholla.

Penambahan ciri khas mushola modern dilakukan dengan memberi hiasan pajangan ayat Al Quran, lukisan lambang kaligrafi Allah dan Muhammad, karpet lembut, sajadah dan meja untuk membaca Al Quran.

Bagian dinding juga bisa diberi wallpaper khusus untuk menandakan bahwa itu ruangan musholla terbuka.

3. Musholla minimalis dekat dengan taman

Kamu memiliki taman mini di rumah? Kamu bisa pertimbangkan untuk membangun mushola modern di ruangan yang berbatasan dengan taman.

Nuansa hijau dari luar akan membuat mushola modern ini menjadi semakin sejuk dan enak dipandang. Kamu dan keluarga akan merasa semakin nyaman ketika beribadah.

Agar tidak terlalu terbuka tapi tetap mendapat kesan semi-outdoor, kamu bisa membatasi mushola minimalis modern dan taman dengan pintu kaca atau jendela yang memiliki kaca tinggi.

4. Mushola modern dari lantai kayu

Desain mushola dalam rumah minimalis modern dalam rumah selanjutnya yang bisa menjadi inspirasi adalah mushola dengan lantai kayu.

Ya, lantai kayu memang menjadi favorit banyak orang akhir-akhir ini. Selain tampilannya yang modern, lantai kayu memang akan membuat area ibadah semakin terlihat seperti mushola minimalis dalam hunian pribadi.

Selain itu, lantai kayu juga bisa membuat ruangan terkesan kalem dan adem sehingga ibadah menjadi lebih nyaman dan tenang.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa hiasan dinding agar membuat dinding mushola modern ini semakin hidup.

Jangan lupa untuk meletakkan karpet atau sajadah yang nantinya akan digunakan keluarga untuk melakukan ibadah shalat.

Jika ukuran tempat ibadahdalam rumah milikmu masih memiliki luas yang lebih, kamu bisa menambahkan rak yang dapat digunakan untuk meletakkan sajadah, mukena dan peralatan sholat lainnya.

5. Mushola modern dengan dekorasi dinding Islami

Kaligrafi bertuliskan “Allah” dan “Muhammad”, ayat-ayat Al-Quran, serta foto tempat-tempat ibadah di Arab Saudi, merupakan pilihan dekorasi dinding yang menjadi pilihan banyak orang.

Kesan religius yang ditimbulkan oleh dekorasi kaligrafi bisa menginspirasi kita dalam beribadah.

Namun untuk mushola minimalis modern, pastikan kamu tidak menggantung semua gambar sekaligus.

Cukup pilih satu gambar berukuran besar atau dua gambar berukuran kecil. Selain ruangan yang jadi tampak lebih luas, ruang ibadah pun jadi lebih indah dipandang.

6. Mushola modern minimalis bernuansa etnik

Tidak ada salahnya menambahkan berbagai elemen dekorasi pada mushola modern untuk tampilan yang lebih menarik. Salah satu gaya yang bisa kamu pilih adalah konsep etnik seperti mushola modern ini.

Namun ada yang perlu kamu ingat, jangan pernah memasukkan patung-patung makhluk hidup di dalamnya.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam pembuatan serta penataan mushola modern dalam rumah adalah arah kiblat yang tepat.

Jangan sampai kamu salah menentukan bagian depan serta bagian belakang musala tersebut.

7. Desain mushola modern yang mewah dan elegan

Ingin sesuatu yang berbeda? Coba saja untuk mendesain mushola modern dengan gaya lebih mewah dan elegan ini.

Kamu bisa memasukkan ornamen geometri, lafadz Allah SWT, dan lukisan dengan warna emas yang mewah.

8. Mushola minimalis dengan rak dekoratif

Kalau kamu tidak ingin memenuhi ruang ibadah dengan kabinet atau lemari, rak yang menempel langsung di dinding bisa menjadi alternatif.

Berfokus pada satu sisi ruangan, rak ini akan mempercantik mushola modern minimalis dengan nuansa deep, elegan dan simple.

Akan tetapi, kamu juga perlu memperhatikan penempatan peralatan ibadah, buku-buku, dan dekorasi lainnya di rak tersebut.

Rak yang terlalu penuh justru akan membuat mushola modern minimalis yang ruangnya sudah kecil terasa sempit.

Untuk itu, beri jarak yang agak lebar di antara satu barang dan lainnya untuk menghilangkan kesan padat.

9. Mushola modern dengan lampu dinding

Pencahayaan di mushola modern juga perlu menjadi perhatian. Jangan sampai lampu di ruang ibadah ini terlalu redup atau terlalu terang.

Lampu yang cahayanya terlalu lembut akan membuat matamu sakit jika harus membaca Al-Quran atau buku agama lainnya di mushola.

Di sisi lain, cahaya yang terlalu terang akan membuat ruang ibadah terasa panas.

Gunakan lampu dinding di dua dua sisi ruangan. Lampu dinding adalah salah satu jenis lampu yang paling ideal untuk mushola karena memberikan intensitas cahaya yang tepat dan menambah estetika ruangan.

10. Desain mushola nuansa putih yang menyejukkan

Dalam membuat desain mushola dalam rumah minimalis modern, kamu bebas memilih material apa yang ingin digunakan.

Di sisi lain, pertimbangkanlah untuk memilih bahan yang dapat mewujudkan suasana sejuk dan dingin, sebab hal itu sangat diidamkan dari sebuah musala.

Sangat dianjurkan untuk menghindari warna cat mushola yang terlalu terang seperti merah dan oranye.

Warnah tersebut akan membuat ruangan menjadi gelap serta terasa pengap dan panas.

Pilihlah warna pulasan dinding yang kalem seperti putih, salem, abu-abu, krem, dan warna pastel lainnya.

Sebagai tambahan, kamu bisa memberikan dekorasi batu alam di sekitar mushola modern yang semi terbuka untuk lebih menyejukkan suasana.

Demikianlah beberapa desain mushola modern minimalis yang bisa kamu jadikan referensi. Jangan lupa selalu pantau model rumah masa kini di Parboaboa.com ya!

Tag : #rumah islami    #mushola    #model rumah    #mushola modern    #mushola minimalis    #rumah    #desain rumah    #inspirasi rumah   

Baca Juga