Ilustrasi waspada demam berdarah

Sebagian Wilayah Sumut Memasuki Musim Hujan, Diskes Meminta Masyarakat Waspada DBD

Sarah | Daerah | 15-11-2021

PARBOABOA, Medan - Demi mewaspadai terjadinya penyakit demam berdarah dengue (DBD), Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mengimbau para masyarakat untuk menjaga kesehatan karena akhir-akhir ini musim hujan sehingga akan banyak nyamuk yang muncul.

“Penyakit demam berdarah dengue ini biasanya menyebar di kawasan yang padat penduduk,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis di Medan, Minggu (14/11).

Karena itu, masyarakat dihimbau harus menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membiarkan adanya genangan air karena hal itu dapat menyebabkan munculnya jentik yang akan berkembang biak menjadi nyamuk aedes aegypti.

"Akhir-akhir ini sering turun hujan, maka dari itu mari kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan  dan menjaga  agar tidak terjadinya perkembang biakan nyamuk yang akan menyebabkan terjadinya penyakit demam berdarah dengue,” kata Ismail Lubis.

Beberapa laporan telah diterima Dinas Kesehatan Sumut tentang adanya kasus demam berdarah dengue karena musim hujan yang terjadi di akhir-akhir ini. Namun kasus ini tidak terlalu di signifikan.

Dinas kesehatan mengatakan kepada para masyarakat jika ada yang terkena demam berdarah agar langsung melaporkannya agar langsung ditangani dan tidak terjadinya penularan kepada orang lain.

“Alasannya harus langsung dilaporkan agar Tim Kesehatan bisa langsung melakukan fogging supaya penyakit ini tidak sampai meluas di lingkungan tersebut,” ujar Ismail.

"Supaya kita dapat secepatnya lakukan fogging sehingga penyakit tersebut tidak menyebar luas dalam lingkungan itu," ujarnya.

Ismail mengungkap kan bahwa timnya pada saat ini lebih fokus kepada penanganan COVID-19. Namun tentang hal lain seperti deman berdarah  dengue (DBD) dan ibu hamil juga harus tetap di prioritaskan.

“Misalnya untuk para ibu-ibu hamil, bidan desa harus lebih rutin untuk mengunjunginya agar bila ada keluhan bidan bisa langsung menanganinya,” lanjutnya.

Di sisi lain, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan sejumlah kawasan di Sumatera Utara berpotensi hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di Pegunungan, di Lereng Timur, dan Pantai Timur Sumatera Utara," kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Martha R. Manurung,Sabtu.

Berdasarkan laporan BMKG, beberapa wilayah di Sumut seperti Langkat, Deli Serdang, Sergai, Batubara, Asahan, Karo dan sekitarnya berpotensi hujan ringan saat siang hari.

Tag : #demam berdarah    #dinas kesehatan    #sumatera utara    #waspada dbd    #daerah   

Baca Juga