Salah satu negara dengan toleransi tertinggi di dunia yakni Luxembourg (insider.com)

Deretan Negara dengan Toleransi Paling Tinggi di Dunia

Wulan | Internasional | 13-04-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Dalam menghadirkan sebuah perdamaian dalam keberagaman, semua orang harus mampu menerapkan sikap toleransi dengan sesama umat manusia. Hal ini karena perbedaan adalah sebuah sikap yang semestinya dapat diterima dan tinggapi secara bijak oleh semua orang.

Toleransi juga hadir sebagai salah satu cara untuk menghadang setiap tindakan maupun gerakan yang berupaya untuk memecah belah persatuan. Sikap toleransi akan ditunjukkan dengan rasa hormat kepada orang lain atau yang berselisih pendapat, agama, budaya serta ras.

Nah, bagaimana dengan antar suku budaya dalam suatu negara ya? Lima negara dibawah ini dinilai memiliki rasa toleransi tertinggi di dunia lho. Yuk simak!

1. Luxembourg

Luxembourg merupakan salah satu negara besar yang dihuni oleh sekitar 150 jenis kebangsaan. Hampir setengah dari penduduk negara ini adalah warga negara asing. Mayoritas negara ini adalah pendatang dari Portugal, Perancis yang diikuti oleh beberapa negara lain seperti Italia dan Belgia. Pada sebuah lingkungan yang plural, mereka menentang dengan tegas mengenai sistem dan kebencian terhadap sesama. Mereka juga saling menghormati satu sama lain dan saling memperkaya kebudayaan. Karena itu, Luxembourg dijuluki negara paling toleransi di dunia.

2. Kanada

Kanada adalah juga sebuah negara yang cukup terkenal di bagian toleransinya. Kanada, sebagai negara yang mirip dengan Amerika, yakni negara yang terdiri dari imigran pada awalnya, kini juga masih menjadi tujuan bagi para pencari nasib. Sebanyak 1% warganya berasal dari luar negeri dan kian bertumbuh setiap tahun.

3. Selandia Baru

Selandia Baru mungkin hanyalah satu dari sedikit negara yang sukses merangkul penduduk asli. Mereka melindungi adat istiadat dan warisan suku Maori lewat sebuah keputusan pemerintah dan dirayakan dengan cara besar dan kecil. Selandia Baru bukan saja memamerkan ukiran kayu Maori, kano, dan artefak lainnya di Museum Auckland dan Te Papa Tongarewa di Wellington, bahasa Maori juga dilestarikan dimana-mana mulai dari nama tempat hingga uang serta sapaan kia ora.

4. Irlandia

Di urutan berikutnya, negara dengan toleransi tertinggi di dunia, ada Irlandia. Survei menunjukkan bahwa Irlandia sangat toleran terhadap etnis minoritas dan LGBT daripada rata-rata negara di Uni Eropa. Dari sementara sesama anglophone, yakni Inggris, telah memilih untuk menarik diri dari Uni Eropa, Irlandia tetap berkomitmen pada cita-cita benua yang bersatu. Oh, orang Irlandia dikenal sangat ramah.

5. Islandia

Selain menjadi negara paling toleransi di dunia, Islandia juga menjadi negara paling liberal dengan tingkat toleransi paling tinggi. Islandia juga sudah mengklaim konsep energi terbaru yang mana 85 persen produksi energinya bersumber dari daur ulang. Jika kamu berkunjung ke Islandia, kamu tidak harus takut bila mengalami tindak kriminal. Hal ini karena Islan dia menjadi salah satu negara teraman di dunia dan tingkat kejahatannya juga sangat kecil. Kasus kejahatan seperti pembunuhan, kekerasan, sampai hal yang berkaitan dengan narkoba sangat jarang terjadi.

Itulah, 5 negara dengan toleransi tertinggi di dunia. Sangat indah ya jika kita bisa tinggal di negara yang tetangganya ramah dan selalu mengayomi setiap individunya. Coba kamu kunjungi negara-negara ini dan lihatlah bagaimana kamu diperlakukan sebagai minoritas. Keren banget deh!

Tag : #toleransi    #negara    #internasional    #negara dengan toleransi tertinggi di dunia    #luxembourg    #kanada    #selandia baru   

Baca Juga