Emisi karbon penyebab pemanasan global

Negara Penghasil Emisi Karbon Terbesar Di Dunia

rini | Internasional | 30-10-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Pemanasan global yang saat ini dihadapi bumi adalah masalah lingkungan yang menjadi kekawatiran yang dapat mengganggu kehidupan manusia. Pemanasan global memicu perubahan iklim yang sangat besar. Salah satu penyebab paling utama dari pemanasan global adalah emisi karbon.

Emisi karbon merupakan gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon. Contoh dari emisi karbon ialah CO2, gas pembuangan dari pembakaran bensin, solar, kayu, daun, gas LPG, dan bahan bakar lainnya yang mengandung hidrokarbon.

Indonesia masuk dalam 10 besar negara penyumbang emisi karbon terbesar di dunia. Indonesia menyumbang emisi karbon sebesar 2,3 persen. Sektor terbesar penghasil emisi gas rumah kaca di negara ini adalah listrik, kemudian disusul agrikultur dan transportasi.

Berikut menjadi negara penghasil emisi karbon terbesar di dunia:

1. China

China menjadi negara dengan predikat pertama yang menyumbang emisi gas rumah kaca dunia. Negara ini menyumbang 26,1 persen emisi gas rumah kaca yang kini berada di atmosfer Bumi.

2. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di peringkat kedua negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar Bumi. Negara ini menyumbang 12,67 persen gas rumah kaca. Sektor penyumbang gas rumah kaca terbesar di AS ialah listrik dan transportasi

3. Uni Eropa

Uni Eropa menduduki peringkat ketiga negara pelepas emisi gas rumah kaca terbesar di dunia. Uni Eropa menyumbang 7, 52 persen emisi gas rumah kaca global. Seperti AS, listrik dan transportasi menjadi sektor terbesar yang menghasilkan emisi gas rumah kaca.

4. India

India menjadi negara keempat penyumbang emisi gas rumah kaca global. Negara ini menyumbang 7,08 persen gas rumah kaca global. Beberapa sektor terbesar yang menghasilkan gas rumah kaca di negara ini adalah listrik dan agrikultur.

5. Rusia

Rusia, negara yang dipimpin Vladimir Putin, menjadi negara kelima yang menyumbang emisi gas rumah kaca di dunia. Rusia memproduksi 5,36 persen emisi gas rumah kaca yang ada dunia.

Tag : internasional, emisi karbon, negara penghasil emisi karbon, pemanasan global

Berita Terkait