10 Daftar Oleh-oleh Khas Ambon yang Unik dan Wajib Dibawa Pulang!

Penulis : Wanovy | Travel | 09-12-2022

Oleh-oleh khas Ambon/ Kue Sagu, foto: detik

PARBOABOA, Ambon - Terletak di Indonesia bagian timur, Ambon menyimpan potensi wisata yang memukau. Tak hanya alamnya yang memesona, kekayaan kulinernya juga menarik untuk dikulik lebih jauh.

Gak heran kalau Ambon juga salah satu destinasi impian para traveler. Nah, kalau kamu ke sana, jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya untuk keluarga di rumah maupun kenangan diri sendiri.

Berikut rekomendasi oleh-oleh khas Ambon yang praktis untuk dibawa pulang.

1. Kue Sagu

Rekomendasi oleh-oleh khas Ambon yang pertama adalah Kue Sagu. Kue yang satu ini memang menggunakan bahan dasar dari pohon sagu. Yang mana tanaman ini memang kerap kali di sekolah untuk menjadi berbagai macam makanan seperti papeda, serut dan juga bagean.

Masyarakat Ambon menjadikan kue sagu sebagai makanan pokok, maknanya kue sagu tersebut sangat cocok jika dijadikan sebagai oleh-oleh.

Sebab dengan membawa kue sagu sebagai oleh-oleh, membuat saudara ataupun teman yang ada di kantor bisa merasakan bagaimana makanan khas dari Ambon.

2. Kue Kering Kenari

Oleh-oleh khas Ambon yang berikutnya bernama kue kering kenari. Kue yang satu ini memang menjadi makanan ringan yang kerapkali disantap oleh masyarakat di Ambon.

Meskipun menjadi makanan ringan, tak ada salahnya jika dicoba dan dijadikan sebagai buah tangan.

Apalagi kue kering ini memiliki rasa yang manis, dan terdapat taburan kacang kenari cincang sebagai topping-nya.

Dengan harga yang terjangkau, Kamu bisa membeli beberapa toples kue kering kenari ini dan dibagikan kepada kerabat.

3. Jajanan Ampas Terigu

Meskipun memiliki nama ampas terigu, sebetulnya makanan khas dari Ambon ini masuk jajanan roti.

Makanan jenis ini sering dikonsumsi oleh masyarakat yang ada di Ambon saat sore hari. Sedangkan maksud dari ampas terigu ini merupakan roti tanpa pabrik.

Jadi bisa disimpulkan jika roti tersebut diproduksi oleh home industri, dan banyak warga yang membuatnya.

Adonan dari ampas terigu ini menggunakan banyak bahan dimulai dari kelapa parut, kelapa cincang, bahan bubuk kayu manis dan juga gula merah. Nantinya semua bahan tersebut akan diaduk sampai mengeluarkan bau yang sedap.

4. Rempah-rempah

Kamu tahu mengapa bangsa Eropa dahulu beramai-ramai datang ke Maluku? Tiada lain dan tiada bukan adalah karena rempah-rempah yang dimiliki Maluku sangat berlimpah.

Kamu dapat membeli rempah-rempah seperti bubuk kayu manis, cengkeh kering, asinan pala dan masih banyak lainnya yang bisa dibawa pulang.

Bahkan, salah satu rempah-rempah yaitu cengkeh yang telah dikeringkan seringkali diolah masyarakat Ambon untuk dijadikan hiasan dinding.

Unik, kan? Maka, jangan lupa untuk menjadikan rempah-rempah sebagai salah satu daftar oleh-oleh khas Ambon ya!

5. Kacang Kenari

Pohon kenari adalah salah satu jenis pohon yang paling banyak ditanam di Maluku. Nggak heran jika banyak produk dari kacang kenari yang dijajakan dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh asal Ambon.

Tak hanya dijual kiloan, kacang kenari juga diolah dengan cara dipanggang, atau hanya dijual saja dalam keadaan mentah.

Jika tidak dijual sebagai oleh-oleh khas Ambon, kacang kenari biasa digunakan sebagai bumbu masak. Buah tangan yang satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di pasar atau toko oleh-oleh di Ambon.

6. Kue Talam Sagu

Maluku yang ditumbuhi subur dengan pohon sagu, membuat warga setempat mengolah sagu sebagai makanan pokok untuk kebutuhan sehari – hari.

Tidak salah jika terdapat berbagai macam olahan makanan maupun camilan dengan bahan dasar sagu.

Kue talam sagu merupakan salah satu oleh-oleh khas Ambon yang dibuat dari sagu. Pengolahan makanan ini dicampur dengan santan kelapa, kenari, gula merah dan garam.

Adonan yang terdiri dari sagu bubuk akan dimasak dengan bahan lainnya sampai mendidih. Setelah mengental, sagu ditaruh ke dalam wadah yang terbuat dari daun pandan yang dibentuk segitiga.

Sebagai penambah rasa dan mempercantik penampilan, kacang kenari ditambahkan di atasnya.

Untuk menikmati kelezatan dari kue talam sagu, kamu bisa membelinya di pasar tradisional Ambon atau pusat oleh-oleh dengan harga 3000 per potongnya.

7. Kue Cara Ambon

Jika kamu ingin camilan yang gurih, Kue Cara Ambon menjadi salah satu pilihan yang tepat. Kue satu ini menjadi menu wajib di bulan puasa.

Namun, tidak usah khawatir jika kamu ingin membawa kue ini sebagai oleh-oleh ketika berlibur ke Ambon. Pasalnya, kamu bisa dengan mudah menemukannya di berbagai pusat perbelanjaan, oleh-oleh, bahkan pasar tradisional sekali pun.

Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dimasak di dalam cetakan berbentuk bulat. Isiannya menggunakan ikan cakalang suwir yang kemudian ditumis menggunakan rempah – rempah khas dari Ambon.

Untuk mempercantik tampilan dan menambah aroma khas dari camilan ini, saat sudah matang bisa diberikan hiasan berupa cabai merah dan daun seledri.

8. Kerajinan Kerang

Wilayah Ambon yang terdiri dari banyak luas lautan menjadikan Ambon memiliki kekayaan yang berasal dari laut dan bisa dimanfaatkan menjadi banyak karya.

Salah satunya kerajinan kerang, cangkang kerang bisa diolah menjadi bros, cincin, gelang, hingga hiasan dinding.

Jika ingin menemukan tempat yang menjual kerajinan kerang  bisa mendatangi kawasan Batumerah.

9. Butiran Mutiara

Jika Kamu berkunjung ke Ambon maka tak ada salahnya Kamu menjadikan butiran mutiara yang khas dari Maluku ini menjadi oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang.

Umumnya untuk butiran mutiara terdapat dua jenis, yang pertama adalah mutiara air asin dan kedua adalah mutiara air tawar.

Namun jika Kamu ingin memberikan oleh-oleh dengan harga yang terjangkau, maka pemilihan dari mutiara air tawar bisa menjadi alternatif.

10. Kerajinan Besi Putih

Selain kerajinan kerang, wisatawan juga bisa membeli kerajinan besi putih. Adapun, kerajinan tangan tersebut memiliki sejarah yang menarik. Konon, pada zaman dahulu, kapal-kapal milik para penjajah tenggelam di Laut Banda.

Kemudian masyarakat Ambon berinisiatif untuk mengolah besi-besi kapal ini menjadi kerajinan tangan. 

Hingga saat ini kerajinan besi putih dapat ditemukan di toko-toko suvenir di Ambon. Selain unik, kerajinan besi putih juga memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah berkarat.

Nah, itulah tadi daftar oleh-oleh khas Ambon yang wajib kamu bawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #wisata ambon    #ambon    #travel    #tempat wisata    #kuliner ambon    #maluku   

Baca Juga