10 Makanan Khas Ambon yang Lezat dan Menggugah Selera

Penulis : Wanovy | Travel | 09-12-2022

Makanan khas Ambon, foto: Zona Makan

PARBOABOA, Ambon - Menikmati kuliner merupakan hal yang wajib dilakukan setiap orang pada saat berkunjung ke kota-kota yang kamu tuju salah satunya Ambon.

Bagaimana tidak, makanan khas Ambon ini memiliki berbagai macam khas makanan dengan citra rasa yang enak dan bisa membuat orang menjadi ketagihan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Parboaboa sajikan 10 makanan khas Ambon yang lezat dan menggugah selera.

1. Papeda dan ikan kuah kuning

Kamu belum bisa dibilang pernah ke Ambon kalau belum mencoba makan papeda. Kuliner paling khas ini dijadikan makanan utama, pengganti nasi, di Ambon. Rasanya tawar dan menyerupai lem, papeda dibuat dari sagu.

Meski tawar, rasanya enak dan perutmu akan merasakan sensasi dingin. Kamu bisa menikmatinya dengan ikan kuah kuning. Tak sulit mencarinya, karena di setiap restauran atau warung menyediakannya.

2. Nasi Kelapa

Nasi kelapa ini merupakan menu andalan dari ambon, tetapi jika dilihat sepintas nasi kelapa ini hampir mirip dengan nasi uduk.

Bahan dasar kedua jenis makanan ini juga terlihat hampir sama, akan tetapi pada saat penyajian pasti ada yang membedakan dari kedua jenis makanan ini.

Bahan utama membuat nasi kelapa ini yaitu beras dan santan kelapa. santan yang digunakan untuk menjadikan nasi lebih gurih dan tidak sembarang orang dapat membuatnya.

Bahkan membutuhkan teknik khusus dalam membuatnya agar dapat menghasilkan nasi kelapa yang enak dan khas.

3. Kohu-kohu

Jika dilihat sekilas, Kohu-kohu memiliki tampilan yang mirip dengan urap sayur dari Jawa.

Perbedaannya terletak pada tambahan ikan dalam bahan pembuatannya. Ikan yang digunakan pun beragam seperti ikan teri basah dan ikan tongkol kukus.

4. Ikan Asar

Ambon merupakan salah satu daerah dengan penghasil kuliner laut yang patut kamu coba. Di sini, kamu bisa mencicipi berbagai jenis ikan seperti cakalang dan tuna yang telah diasap atau sering disebut Ikan Asar. Makanan khas Ambon ini pun akan mengering dan awet sehingga bisa disantap kapan saja.

5. Sambal Colo-colo

Sambal adalah saus tradisional khas nusantara, tidak terkecuali Maluku dan Ambon. Salah satu sambal khas yang berasal dari daerah tersebut adalah Sambal Colo-colo.

Sambal sederhana ini memiliki cita rasa yang segar karena dibuat menggunakan bahan-bahan mentah yang segar.

Selain terkenal akan kepedasannya, aroma dari Sambal Colo-colo juga wangi karena adanya tambahan jeruk nipis dan daun kemangi.

Biasanya Sambal Colo-colo disantap bersama dengan Ikan Asar dan nasi putih hangat. Ada juga yang menambahkan kecap.

6. Nasi Kuning Bagadang

Nasi Kuning khas Ambon ini mungkin terdengar selayaknya nasi kuning biasa. Namun kata bagadang di belakangnya mungkin terdengar unik.

Bagadang memang memiliki arti begadang, atau aktivitas yang dilakukan di malam hari hingga pagi.

Kata tersebut disematkan pada nama makanan khas Ambon ini dikarenakan lapak-lapaknya menjual dari malam hingga pagi hari.

Selain itu, Nasi Kuning yang disajikan pun kaya akan bumbu dan memiliki pilihan lauk yang beraneka macam. Untuk lauk intinya biasanya adalah ikan Cakalang.

7. Roti Kering Kenari

Makanan khas Ambon lainnya adalah Roti Kering Kenari. Camilan ini terbuat dari roti tawar yang diberi taburan gula dan cacahan kenari di atasnya.

Roti kemudian dikeringkan dengan cara dipanggang hingga berwarna kuning keemasan. Roti Kering Kenari bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Ambon.

8. Kue Namu Namu

Kue Namu Namu memiliki tampilan mirip dengan panada dari Manado atau kue pastel yang dikenal di Jawa.

Masyarakat Ambon menyebutnya namu-namu karena bentuknya mirip dengan buah namu-namu.

Kue Namu Namu merupakan adonan tepung seperti pastel berisi ikan cakalang yang sebelumnya dimasak dengan bumbu rempah pedas.

9. Sagu Serut

Ambon mempunyai makanan pokok berupa sagu. Makanan khas Ambon dari sagu salah satunya adalah sagu serut sejenis kue yang mirip dengan roti kecik dengan bentuk memanjang.

Kue ini dibuat dari sagu yang dicampur dengan jahe atau kayu manis. Cita rasanya sangat enak dan dominasi rasa rempahnya sangat terasa.

10. Pisang Asar

Ambon juga memiliki camilan khas yang dapat kamu pilih untuk teman ngopi, yaitu Pisang Asar.

Bahan utama yang digunakan pada hidangan ini adalah pisang, biasanya pisang yang dipakai adalah pisang raja. Pisang telah diberi bumbu manis lalu dipanggang di dasar oven.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Ambon yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #wisata ambon    #ambon    #travel    #tempat wisata    #kuliner ambon    #maluku   

Baca Juga