8 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Berau yang Wajib Dibawa Pulang Kampung

Oleh-oleh khas Berau/Tehe-tehe, foto: Bontang.pikiran-rakyat.com

PARBOABOA, Berau - Berau dikenal menyimpan pesona wisata alam luar biasa indahnya. Saat berkunjung, Anda tidak boleh melewatkan untuk membeli oleh-oleh khas Berau yang terkenal enak dan unik.

Terkenal dengan wisata Danau Labuan Cermin menjadikan daerah satu ini kerap kali menjadi jujukan wisatawan dari luar kota.

Selama berada di Berau, pengunjung juga tidak akan ketinggalan membawa buah tangan khas yang ada di kawasan satu ini.

Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini akan diulas beberapa oleh-oleh khas dari Berau yang wajib Anda bawa pulang.

1. Batik Rutun Penyu

Bukan hanya Pekalongan dan Solo saja yang memiliki batik khas, Berau pun memilikinya.

Uniknya, batik khas Berau bermotif penyu, karena Pulau Derawan adalah salah satu habitat penyu terbesar di Indonesia.

Jika berdomisili di Jakarta, batik ini akan sangat unik jika dipakai, karena memiliki desain berbeda dari yang lain.

2. Rangai

Rangai adalah oleh-oleh khas Berau yang terbuat dari ketan. Ketan tersebut disangrai, lalu dimasukkan ke penggilingan untuk dihaluskan.

Setelah halus, ketan kemudian ditambahkan gula dan kelapa parut, lalu diaduk dan dicetak. Kemudian, cetakan yang telah jadi tersebut dipanggang di dalam oven dengan api sedang.

Awal mulanya rangai memiliki bentuk kotak dan lonjong. Seiring berjalannya waktu, kini bentuk rangai pun jadi beragam.

3. Terasi Batu Putih

Saat berkunjung ke Berau, Anda tidak hanya membawa oleh-oleh dalam bentuk camilan saja. melainkan berbagai macam bahan pangan juga bisa dengan mudah untuk Anda temukan di kota satu ini. salah satu yang terkenal dan kerap kali menjadi incaran para wisatawan adalah terasi batu putih.

Terasi satu ini sangat populer di Berau sehingga banyak pelancong yang mencarinya untuk dibawa pulang.

Untuk bahan utama dari terasi ini adalah diolah dari udang pilihan yang ditangkap secara langsung dari daerah yakni Batu Putih. Itulah mengapa bahan makanan satu ini dinamakan terasi Batu Putih.

4. Tumpi Udang

Udang nampaknya menjadi bahan makanan khas Berau yang banyak dijumpai dalam oleh-olehnya. Selain terasi, Anda juga bisa membawa pulang tumpi udang.

Dimana oleh-oleh khas Berau satu ini umumnya sering kali disajikan sebagai hidangan utama untuk menyambut pesta pernikahan atau menjamu keluarga yang datang ke Berau.

Untuk membuatnya sendiri, tumpi udang tersebut terbuat dari udang yang dikepal kepal dan ditambah dengan kelapa parut.

Selanjutnya, kepalan udang tersebut diberikan bumbu bumbu pelengkap seperti kunyit, bawang merah dan bawang putih. Setelah itu, barulah ditumbuk lagi dan dibentuk dengan ukuran yang bulat bulat.

5. Pia Berau

Pia Berau merupakan salah satu oleh-oleh khas Berau yang menjadi incaran para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan bentuk kemasannya yang sangat mudah dan praktis untuk dijadikan oleh-oleh.

Perlu Anda ketahui, pia yang berasal dari Berau ini terbuat dari bahan bahan yang alami. Dan tentunya tanpa pemanis buatan.

Sedangkan untuk rasanya sendiri yakni terdiri dari berbagai varian yang bisa Anda coba. Mulai dari keju, kacang ijo, nanas, ubi, hingga full cream dan juga cokelat.

Dengan bahan alami dan berbagai varian rasa tersebut membuat camilan satu ini kerap kali diburu oleh pelancong. Untuk kualitas rasa, Anda tak perlu ragu lagi karena sudah pasti enak.

6. Buah Elai

Buat Anda pecinta durian, buah elai jangan sampai terlewat karena buah ini hanya tumbuh di Kalimantan saja. Tampilannya mirip dengan durian biasa namun ketika dibelah berwarna oranye, rasanya alami dan manis tiada duanya.

Karena ini buah musiman maka harganya beragam, jika sedang musim buah elai harga 1 buahnya Rp10 ribu hingga Rp15 ribu saja. Kalau tidak bermusim harga 1 buah elai mencapai Rp75. ribu.

7. Kue Sarang Semut

Kue sarang semut menjadi salah satu oleh-oleh khas Berau yang sering diburu oleh wisatawan yang datang ke Berau.

Namanya yang unik semakin membuat banyak orang merasa penasaran. Sesuai dengan namanya, kuliner khas ini memiliki ciri fisik yang berongga layaknya sarang dari binatang semut. Sedangkan untuk warnanya, kue ini terlihat gelap karena setiap sisinya berwarna coklat.

Mungkin bagi sebagian orang, tampilan kue sarang semut tidak terlalu menggugah selera. Akan tetapi soal rasa, kue ini sangatlah lezat dan manis. Teksturnya juga kenyal dan lembut sehingga banyak orang yang menyukainya.

Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan kue ini sebagai buah tangan saat Anda kembali ke kampung halaman setelah berwisata di Berau.

8. Talinga Sagayi

Oleh-oleh khas Berau yang tidak kalah menarik untuk Anda borong adalah talinga sagayi. Camilan ini cukup populer di Berau sehingga hampir semua warga lokal mengetahuinya.

Dalam bahasa dayak, Talinga Sagayi artinya adalah Kuping Dayak. Bahkan salah satu lagu daerah Berau ada yang namanya sama persis dengan hidangan tersebut.

Jika dilihat dari tampilan luar, talinga sagayi memiliki bentuk yang mirip dengan kue cincin, dimana kue tersebut berbentuk layaknya angka delapan.

Bahan pembuatannya sendiri berasal dari campuran tepung terigu dan gula merah. Meskipun sederhana, gula merah yang terkandung di dalam resep benar benar membuat camilan ini terasa manis dan gurih.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Berau yang wajib dibawa pulang kampung. Semoga bermanfaat!

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS